Selain diabetes, 6 hal ini juga bisa bikin gula darah meningkat

Jumat, 8 September 2017 19:33 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi diabetes. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Begitu seseorang berbicara tentang gula darah yang meningkat, maka hal pertama yang terlintas di pikiran tentunya adalah penyakit diabetes. Ya, diabetes memang merupakan penyakit yang terkait dengan kadar gula darah yang tinggi. Namun, sebuah penelitian dari boldsky.com mengungkapkan bahwa ternyata bukan hanya diabetes saja yang bisa membuat gula darah meningkat. Sebab beberapa hal di bawah ini juga bisa jadi sebabnya.

Tindakan operasi
Saat seseorang telah melalui tindakan operasi, terutama yang berhubungan dengan organ endokrin, maka terjadi fluktuasi tingkat insulin di tubuh yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah abnormal.

Pneumonia
Pneumonia merupakan jenis infeksi yang bisa mengancam jiwa karena mempengaruhi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan. Lonjakan gula darah bisa terjadi pada mereka yang terkena pneumonia karena darah mereka yang tidak disaring dengan benar di paru-paru.

ISK
Orang yang menderita ISK atau infeksi saluran kencing juga bisa mengalami lonjakan gula darah. Sebabnya infeksi akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Konsumsi obat-obatan
Konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid atau diuretik bisa memiliki efek negatif pada produksi insulin tubuh dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Kegemukan
Saat kamu mengalami kegemukan, maka kamu akan memiliki akumulasi lemak berlebih di tubuh. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang pada gilirannya bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Makan dari tabung
Karena beberapa alasan, seseorang haruslah makan melalui tabung atau yang disebut dengan feeding tube. Proses ini bisa membuat tubuh tidak menyerap glukosa dengan benar yang kemudian menyebabkan kadar gula darah naik. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.