Selain darah, 4 anggota tubuh ini juga bisa didonorkan

Sabtu, 1 April 2017 00:01 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Selain darah, 4 anggota tubuh ini juga bisa didonorkan Ilustrasi operasi . ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/ben bryant

Merdeka.com - Dalam dunia medis, mendonorkan organ tubuh yang sehat merupakan hal yang wajar. Sebab ribuan orang yang sedang menderita penyakit tertentu kadang butuh organ sehat untuk melanjutkan hidupnya.

Jika selama ini yang kamu ketahui hanya beberapa organ tubuh yang bisa didonorkan adalah darah atau ginjal, maka berikut adalah bagian tubuh lainnya yang bisa didonorkan.

1 dari 4 halaman

Wajah

ilustrasi operasi plastik. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Dragon Images

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata wajah pun bisa didonorkan. Menurut laporan dari Johns Hopkins Medicine, sejak tahun 2005 lebih dari 20 pasien telah menerima donor wajah penuh atau parsial. Well, tentu saja yang didonorkan adalah kulit dari wajah.

Untuk melakukan transplantasi wajah, maka perlu dilakukan tes jaringan dan tes darah untuk mencocokan antara pendonor dan penerima. Tes kecocokan ini meliputi kecocokan warna kulit, jenis kelamin, ras, serta ukuran wajah.

2 dari 4 halaman

Mata

Ilustrasi operasi plastik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/wavebreakmedia

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang bisa didonorkan dari orang yang sudah meninggal. Donor mata berfungsi untuk membantu seseorang yang memiliki kerusakan mata karena penyakit, cedera, atau cacat lahir.

Salah satu bagian mata yang umum didonorkan adalah kornea atau lapisan luar mata yang membantu kefokusan pandangan mata. Selain kornea, sclera atau lapisan putih di bola maka juga bisa didonorkan.

3 dari 4 halaman

Jaringan tubuh

ilustrasi operasi ginjal. ©AFP

Tahukah kamu bahwa sebuah organ tubuh secara keseluruhan bisa menyelamatkan hingga 8 nyawa? Dan ketika jaringan tubuh ikut disumbangkan maka jumlah nyawa yang bisa diselamatkan meningkat hingga 50 orang. Jantung, kulit, tulang, pembuluh darah, tulang rawan, tendon, dan ligamen adalah beberapa contoh jaringan tubuh yang bisa disumbangkan.

4 dari 4 halaman

Sumsum tulang

ilustrasi operasi. ©www.gcmradiology.com

Jasad orang dewasa yang meninggal di usia antara 18 sampai 60 tahun ternyata bisa menyumbangkan sumsum tulang, sel-sel induk darah tali pusat, dan sel-sel induk darah perifer. Namun tidak seperti donor kornea dimana kamu tidak perlu melakukan tes kecocokan, untuk mendonorkan sumsum tulang kamu harus memiliki kecocokan dalam jenis jaringan atau leukosit antigen (HLA).

Selain anggota tubuh di atas, jantung, kedua ginjal, hati, kedua paru-paru, dan pankreas adalah anggota tubuh yang bisa didonorkan dari mereka yang sudah meninggal. Semoga informasi di atas bisa membantu! [feb]

Baca juga:
Ternyata ini yang terjadi pada tubuhmu saat kebanyakan makan karbo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini