Perbedaan Cara Orang Berlari Jadi Kunci Tentukan Jenis Sepatu yang Tepat

Senin, 8 April 2019 19:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Perbedaan Cara Orang Berlari Jadi Kunci Tentukan Jenis Sepatu yang Tepat ilustrasi berlari. ©www.stuff.co.nz

Merdeka.com - Untuk berolahraga terutama berlari, kita membutuhkan sepatu yang tepat dengan kaki dan kondisi kita. Adanya sepatu yang tepat ini mampu membantu kita agar lebih nyaman berolahraga serta menjaga kesehatan kaki dan lutut.

Salah satu hal yang sangat menentukan dalam memilih sepatu adalah berupa istilah pronation atau pronasi. Istilah ini biasanya digunakan untuk menjelaskan cara telapak kaki seseorang menapak di atas tanah.

Dilansir dari Men's Health, secara lebih khusus, istilah pronation juga dapat dipahami sebagai seberapa banyak telapak kaki bergerak maju ketika menapak dengan tanah. Mengetahui hal ini sendiri bisa membantu kamu mengurangi risiko cedera kaki yang bakal dialami.

Ketika berlari kaki seseorang pasti menapak dan bergerak maju. Hal ini sangat penting untuk meredam getaran yang muncul. Dengan posisi lebih ke bagian dalam, telapak kaki bakal meningkatkan kontak dengan tanah dan lebih baik dalam mendistribusikan dampak yang muncul.

Mampu meredam benturan antara telapak kaki dengan tanah hingga 15 persen merupakan jumlah yang optimal. Jumlah di atas itu bisa dikatakan berlebihan dan biasa dialami oleh mereka yang berkaki rata.

Terlalu banyak sentuhan antara telapak kaki dengan tanah dapat meningkatkan risiko terhadap kesehatan lutut serta kaki secara keseluruhan.

Gerakan orang ketika kaki menapak tanah berbeda-beda dan masing-masing memiliki dampak bagi kaki. Untuk memilih jenis sepatu yang tepat sesuai dengan pergerakan kakimu.

Untuk menentukan sepatu yang tepat dengan kakimu, coba gunakan untuk berlari sebanyak satu putaran kamu mencobanya di toko. Jangan pilih sepatu yang hanya kamu rasa enak digunakan ketika sedang berdiri saja. Penelitian menyebut bahwa melakukan hal ini dapat membuat kamu secara intuituf memilih sepatu yang tepat untuk meminimalisir risiko cedera.

Selain itu, lakukan peregangan yang tepat untuk melemaskan kaki bagian bawahmu. Secara rutin lakukan olahraga peregangan dan memperkuat betis serta persendian dapat mengurangi risiko cedera yang bisa kamu terima. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini