Olahraga di Rumah Memiliki Manfaat yang Setara dengan Latihan yang Dilakukan di Gym

Selasa, 25 Juni 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Olahraga di Rumah Memiliki Manfaat yang Setara dengan Latihan yang Dilakukan di Gym Ilustrasi olahraga. ©2012 Shutterstock/holbox

Merdeka.com - Selama ini, seseorang beranggapan bahwa berolahraga di gym merupakan cara paling baik untuk menjaga kesehatan. Namun rupanya manfaat yang didapat dari berolahraga di gym ini juga bisa diperoleh dari olahraga sendiri di rumah.

Dilansir dari The Health Site, berolahraga di rumah ini disebut tak hanya menghemat waktu, biaya, dan akses namun juga membuat seseorang lebih ajek berolahraga. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of Physiology dan mencermati program latihan high-intensity interval training (HIIT) di rumah lalu mempelajari manfaatnya terhadap seseorang yang mengalami obesitas dengan risiko penyakit jantung.

Tim peneliti tertarik untuk mempelajari apakah program HIIT di rumah ini lebih efisien secara waktu dan membantu mengatasi berbagai halangan yang terjadi. Halangan yang dimaksud ini adalah akses pada fasilitas latihan karena waktu perjalanan dan biaya.

"Olahraga yang harus taat aturan seperti HIIT di rumah yang menghilangkan hambatan olahraga seperti waktu, biaya, dan akses, serta lebih mudah diikuti oleh orang-orang yang sebelumnya tidak aktif membuat seseorang lebih mudah mencapai tujuannya dan mampu meningkatkan kesehatan dari banyak orang," ungkap Sam Scott dari Liverpool John Moores University.

Untuk penelitian ini, terdapat 32 partisipan yang memiliki obesitas dan diminta melakukan program olahraga 12 minggu. Berbagai tanda kesehatan seseorang diukur pada penelitian ini termasuk komposisi tubuh, risiko penyakit kardiovaskular, dan kemampuan untuk membatasi glukosa.

Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu mereka yang melakukan program HIIT berupa sepeda berbasis laboratorium, mereka yang menjalankan program olahraga 150 menit dari pemerintah Inggris, dan mereka yang melakukan program HIIT di rumah. Partisipan pada program HIIT ini melakukan olahraga yang cocok untuk orang dengan kebugaran dan mobilitas rendah serta melakukannya tanpa alat.

Peneliti menemukan bahwa program HIIT di rumah ternyata sama efektifnya seperti dua jenis olahraga yang dilakukan lain. Hal ini berarti bahwa olahraga secara mandiri dan sederhana di rumah ternyata memiliki manfaat yang setara dengan berolahraga di gym. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini