Ladies, salah memilih ukuran bra akibatkan 7 masalah ini pada tubuh

Kamis, 23 Maret 2017 00:01 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ladies, salah memilih ukuran bra akibatkan 7 masalah ini pada tubuh Ilustrasi bra. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ivan Lonan

Merdeka.com - Bra adalah jenis pakaian yang tidak bisa dipisahkan dari hidup wanita.

Ada begitu banyak jenis bra yang dijual di pasaran dengan beragam model dan pilihan warna. Tak bisa dipungkiri bahwa wanita terkadang tertarik membeli bra karena model dan warna, bukan karena kenyamanan atau ukuran yang pas. Padahal salah dalam memilih ukuran bra bisa mengakibatkan bahaya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Ruam di kulit

Bahaya memakai bra dengan ukuran yang salah. boldsky.com

Salah dalam memilih ukuran bra bisa berarti ukuran bra yang kamu pilih terlalu kecil. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, tali bra akan mengekang kulit. Hal ini bisa menyebabkan ruam. Dan ketika kamu tidak terlalu memperhatikan gangguan ini, ruam yang ada bisa menyebabkan infeksi kulit dan membuat kulit terlihat jelek.

2 dari 7 halaman

Mempengaruhi pencernaan

Ilustrasi bra. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Lukas Majercik

Tak banyak yang tahu bahwa pemakaian bra yang terlalu kecil dan ketat bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan. Sebab bra yang terlalu ketat ini akan menekan diafragma dan jika dibiarkan terlalu lama bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan.

3 dari 7 halaman

Mempengaruhi kesehatan saraf limfatik

Bahaya memakai bra dengan ukuran yang salah. boldsky.com

Memakai bra dengan ukuran yang salah juga bisa mempengaruhi kesehatan saraf limfatik. Ketika saraf limfatik tertekan, pembuluh limfatik ini tak bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan maksimal. Hasilnya kesehatan tubuh pun menurun. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian terbaru yang dilakukan di Bristol University.

4 dari 7 halaman

Menyebabkan kanker payudara

Ilustrasi kanker payudara. ©Shutterstock/Africa Studio

Memakai bra terlalu kecil atau ketat juga akan mempengaruhi aliran darah ke payudara. Jika hal ini dibiarkan berlanjut dalam waktu yang lama maka bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

5 dari 7 halaman

Menyebabkan nyeri leher

Bahaya memakai bra dengan ukuran yang salah. boldsky.com

Pernahkah kamu merasakan nyeri leher tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi hal ini disebabkan karena kamu memakai bra dengan ukuran yang kecil. Sebab saat kamu mengenakan bra yang terlalu ketat maka akan muncul banyak ketegangan di bahu dan secara perlahan akan menjalar ke leher, lalu menurun ke punggung, serta tulang rusuk.

Wanita yang memiliki payudara dengan ukuran besar akan lebih berisiko tinggi untuk terkena gangguan ini.

6 dari 7 halaman

Sulit bernapas

Bahaya memakai bra dengan ukuran yang salah. boldsky.com

Selain nyeri leher, memakai bra yang terlalu ketat akan cenderung memberikan tekanan yang besar di tulang dan otot. Hal ini bisa membuatmu sulit bernapas. So ladies, saat kamu mendadak sulit untuk bernapas, periksa ukuran bra yang kamu kenakan.

7 dari 7 halaman

Merusak jaringan kelenjar susu

Bahaya memakai bra dengan ukuran yang salah. boldsky.com

Memakai bra dengan ukuran yang salah juga bisa mempengaruhi jaringan kelenjar susu. Sebabnya saat tulang rusuk tertekan secara terus-menerus maka jaringan kelenjar susu juga akan terganggu. Selain membuat produksi air susu menurun, hal ini bisa menempatkan wanita pada risiko tinggi untuk terkena kanker.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi pada tubuhmu saat mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Jadi, lebih baik pilih bra berdasarkan kenyamanan daripada hanya sekedar model. [feb]

Baca juga:
Ukuran payudara yang terlalu besar bikin sakit punggung menyerang?
Kuning telur dan lidah buaya, ramuan alami pengencang payudara
Ingin ukuran payudara membesar? Coba minum ramuan ini tiap hari
Gynekomastia, ketika payudara tumbuh di tubuh pria

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini