Ketahui Penyebab Seseorang Langsung Mengantuk usai Makan

Jumat, 22 November 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Penyebab Seseorang Langsung Mengantuk usai Makan ilustrasi mengantuk setelah makan. © distractify.com

Merdeka.com - Usai makan, selain kenyang, hal yang biasa terjadi adalah munculnya rasa ngantuk. Hal ini biasanya lebih rentan terjadi ketika mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat.

Konsultan metabolik endokrin, Fatimah Eliana, menjelaskan bahwa rasa kantuk usai makan terjadi akibat darah dan oksigen dari organ lain lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan.

Porsi makan sangat mempengaruhi tingkat keaktifan organ-organ pencernaan. Semakin banyak porsi makan Anda, rasa kantuk itu juga akan semakin besar.

“Organ pencernaannya aktif. Sehingga si jantung sedikit kekurangan oksigen. Otak kekurangan oksigen. Jadi akhirnya kita ngantuk. Oleh karena itulah makan karbonya engga boleh berlebihan,” kata Fatimah.

1 dari 2 halaman

Kantuk pada Pasien Diabetes

Rasa kantuk usai makan juga terjadi pada pasien diabetes. Bedanya, pasien diabetes mengalami rasa kantuk lebih cepat daripada yang tidak. Hal terjadi karena hormon pencernaan diabetesi sudah tidak baik.

Sehingga lebih banyak dipakai untuk pencernaan tadi. Supply oksigen ke otak lebih sedikit daripada yang normal. Jadi mengantuknya lebih lama, lebih cepat daripada orang yang tidak diabetes, kata Fatimah.

2 dari 2 halaman

Cegah Ngantuk Usai Makan: Jalan Kaki

Rasa kantuk setelah makan memang bisa mengganggu aktivitas. Apalagi jika rasa kantuk itu timbul setelah makan siang, melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja tentunya sulit.

Untuk mengantisipasi rasa kantuk disarankan untuk bergerak setelah makan. Misalkan bila Anda bekerja di kantor, sebaiknya makan di luar area kerja. Sehingga setelah makan, Anda bisa berjalan-jalan sebentar.

Jadi habis makan, yang paling bagus itu jalan dulu sebentar, kata Fatimah.

Dengan berjalan sebentar, karbohidrat yang tadi dikonsumsi dengan baik oleh otak dan otot. Maka oksigen yang tadi dialihkan ke pencernaan bisa kembali ke sel-sel organ lain.

Selain itu, sebaiknya juga makan dalam porsi yang tepat dan secukupnya saja. Jumlah makanan yang tepat ini selain membuat terhindar dari ngantuk juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Reporter: Selma Vandika
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Ketika Demam Melanda, Tidak Perlu Mengonsumsi Antibiotik
Penggunaan Kaca Mata Hitam Ternyata Bisa Sebabkan Kurangnya Vitamin D
Mengungkap Mitos, Benarkah Konsumsi Nanas Bisa Sebabkan Keguguran?
Klitoris Wanita Ternyata Juga Bermanfaat untuk Proses Reproduksi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini