Air seni berwarna hitam? Ini 5 kemungkinan penyebabnya

Minggu, 12 Agustus 2018 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Air seni berwarna hitam? Ini 5 kemungkinan penyebabnya Air seni segar dan air seni yang didiamkan selama 2 jam pada pasien alkaptonuria. ©CMAJ/Nikiforos Galanis & Margaritis Kyrkos

Merdeka.com - Warna air seni atau urin yang kita keluarkan setiap hari tak selalu sama. Keruh atau beningnya tergantung pada jumlah cairan yang dikonsumsi. Beberapa makanan dan obat-obatan juga bisa menyebabkan perubahan warna pada air seni, misalnya saja buah naga merah yang bisa membuat air kencing berwarna merah muda. Ada kalanya juga kencing hitam terjadi.

Dilansir Boldsky (1/8), kencing hitam bisa disebabkan asupan makanan atau obat-obatan tertentu yang dikonsumsi. Walaupun begitu, kencing hitam juga dapat terjadi karena masalah kesehatan.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan berbagai kemungkinan penyebab kencing hitam dan pengobatan yang diperlukan untuk mengatasinya.

1 dari 5 halaman

Perubahan makanan yang dikonsumsi

Ilustrasi blackberry. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Tak jarang warna air seni berubah karena kita mengonsumsi makanan yang tidak biasa dikonsumsi sehari-hari. Makanan ini bisa saja mengandung pewarna alami atau buatan. Makanan yang mungkin telah bereaksi secara kimia dengan urin Anda juga bisa menyebabkan warna coklat gelap atau hitam.

Jika perubahan warna urin Anda disebabkan karena makanan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya warna urin akan kembali normal setelah konsumsi makanan yang jadi biang keladinya dihentikan.

2 dari 5 halaman

Obat-obatan

Ilustrasi obat-obatan. ©Shutterstock.com/panda3800

Jika makanan bukan penyebab warna hitam di urin Anda, maka kemungkinan lain adalah obat-obatan yang mungkin Anda gunakan. Kencing hitam karena konsumsi obat bisa tergantung pada jenis obat yang Anda pakai atau jika Anda meminum terlalu banyak obat untuk jangka waktu yang lama.

Untuk penyebab yang satu ini Anda dapat berdiskusi dengan dokter Anda untuk memeriksa apakah obat-obatan adalah alasan di balik kencing hitam yang Anda alami.

3 dari 5 halaman

Masalah kesehatan

Ilustrasi penyakit di dalam tubuh. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Jika makanan atau obat-obatan adalah penyebab kencing hitam, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghindari konsumsi makanan tertentu atau mencoba menggunakan obat alternatif. Namun, jika penyebabnya bukan kedua faktor di atas, maka ada kemungkinan kencing hitam disebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

4 dari 5 halaman

Alkaptonuria

Air seni segar dan air seni yang didiamkan selama 2 jam pada pasien alkaptonuria. ©CMAJ/Nikiforos Galanis & Margaritis Kyrkos

Penyakit ini disebut juga dengan istilah black urine atau black bone disease. Merupakan gangguan metabolisme yang diturunkan secara genetik. Ciri-ciri dari kondisi ini adalah urin berubah menjadi hitam setelah didiamkan di udara terbuka.

Alkaptonuria adalah penyakit langka yang disebabkan karena gen defektif bernama HGD. Dalam kondisi ini, karena beberapa mutasi pada gen HGD, fungsi normal dari enzim homogentisate 1,2-dioksigenase terhalang. Akibatnya, asam homogentisic terakumulasi dalam darah dan jaringan tubuh. Asam homogentisic dan alkapton (asam homogentisic yang teroksidasi) diekskresikan melalui urin dan membuat warna urin menjadi hitam.

5 dari 5 halaman

Keracunan

Ilustrasi Keracunan. ©2015 Merdeka.com

Meskipun kejadian yang sangat langka, kencing hitam dapat disebabkan karena konsumsi dua jenis asupan yang tidak seuai. Misalnya mencampur obat dan alkohol tertentu. Akibatnya tubuh mengalami kesulitan memproses bahan kimia yang masuk, sehingga timbullah gejala keracunan.

Jika Anda mengalami kencing hitam, mungkin dokter akan menyarankan tes kesehatan untuk menemukan penyebabnya. Biasanya dilakukan pula tes urin untuk mengukur jumlah HGA dan peninjauan apakah pasien juga menunjukkan gejala-gejala lain.

Untuk pasien yang menderita alkaptonuria, biasanya disarankan untuk diet rendah protein dan konsumsi vitamin C dosis tinggi untuk memperlambat akumulasi HGA. [tsr]

Baca juga:
Sering buang air kecil pertanda tubuh tidak sehat?
Tanpa kamu sadari, 7 hal ini bikin air kencing bau pesing

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini