Jaga kesehatan pankreas dengan 8 makanan ini!

Rabu, 1 Oktober 2014 10:50 Reporter : Kun Sila Ananda
Jaga kesehatan pankreas dengan 8 makanan ini! Ilustrasi anggur merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/hddigital

Merdeka.com - Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting, namun seringkali diremehkan kesehatannya. Pankreas adalah bagian dari sistem pencernaan yang terletak pada bagian perut. Pankreas berfungsi untuk memproduksi berbagai macam hormon penting seperti insulin, polypeptida, somatostatin, dan glucagon.

Pankreas bersifat seperti spons dan memproduksi enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan. Masalah pada pankreas bisa menyebabkan rasa sakit, demam, dan diare. Kesehatan pankreas tentunya sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Untuk melindungi kesehatan pankreas terdapat beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi berikut ini, seperti dilansir oleh Daily Health Post (25/09).

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis sayuran dari bawang-bawangan selain bawang merah, bawang bombay, dan lainnya. Bawang putih mengandung sulfuir, arginine, selenium, dan flavonoid yang bisa mencegah kanker pankreas.

2. Bayam

Bayam adalah pilihan sempurna untuk pankreas yang sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam dan sayuran lainnya sangat baik untuk mencegah kanker pankreas.

3. Yogurt probiotik

Berdasarkan penelitian di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, makanan probiotik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan bakteri baik dalam tubuh. Yogurt juga mengandung bakteri aktif yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan risiko penyakit pankreas.

4. Cherry

Buah cherry adalah sumber antioksidan alami yang baik untuk mencegah kanker pankreas. Meski begitu, pilih cherry yang organik dan tidak terkena pestisida.

5. jamur

Ekstrak jamur diketahui bisa mencegah pertumbuhan sel pankreas. Jamur juga sumber yang baik untuk serat, selenium, potasium, dan vitamin D2 serta mengandung sedikit kalori.

6. Brokoli

Brokoli mengandung flavonoid yang disebut apigenin. Flavonoid ini melindungi jaringan pankreas. Untuk mendapatkan banyak manfaat dan nutrisi penting dari brokoli sebaiknya konsumsi makanan ini mentah-mentah, atau kukus ringan saja.

7. Ubi jalar

Ubi jalar bisa melindungi pankreas dan membantu pelepasan gula secara berkala dalam tubuh. Untuk itu, ubi jalar juga bisa melindungi sistem pencernaan.

8. Anggur merah

Anggur merah mengandung resveratol yang merupakan antioksidan sangat kuat. resveratol mencegah kerusakan pembuluh darah dan peradangan. Selain itu, antioksidan ini juga bisa mematikan sel kanker pankreas.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan pankreas dan bisa membantu Anda mencegah kanker pankreas. Jangan remehkan kesehatan pankreas karena pankreas yang tak sehat bisa menyebabkan berbagai macam masalah yang berbahaya pada tubuh. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Kesehatan
  4. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini