Ini yang sebenarnya terjadi di tubuh saat kamu demam

Kamis, 27 Juli 2017 18:24 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini yang sebenarnya terjadi di tubuh saat kamu demam ilustrasi demam. ©www.hindustantimes.com

Merdeka.com - Mungkin bagi sebagian orang demam adalah hal yang dibenci. Sebab saat demam kamu tidak bisa menunaikan aktivitas sehari-hari nan penting. Lemas adalah hal yang kamu rasakan sehingga kamu hanya tidur-tiduran saja.

Lalu, apa sih yang terjadi di dalam tubuhmu saat kamu demam?

"Ketika kamu demam, tubuh sebenarnya sedang melawan bakteri atau mikroba yang menjadi penyebab demam. Tubuh akan meningkatkan suhunya untuk membunuh mikroba yang tidak tahan terhadap panas. Sehingga itulah kenapa kamu mengalami demam," terang penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini.

"Beberapa mikroba masuk ke tubuh melalui lendir. Karena itulah saat kamu mengalami demam, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak lendir untuk mendapatkan mikroba yang terperangkap dan kemudian dibuang."

"Suhu tubuh yang normal adalah 36 derajat celcius. Ketika demam, suhu bisa naik antara 38-39 derajat celcius. Dan itu merupakan suhu panas yang masih wajar. Namun saat kamu merasa bahwa suhu tubuhmu tidak kunjung turun dalam waktu yang lama, maka kamu patut memeriksakan kesehatan ke dokter."

Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu panik jika suhu tubuhmu meningkat saat sakit. Meminum obat penurun panas justru akan melemahkan kekuatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Oleh karena itu jangan keburu minum obat penurun demam. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini