Ini dia 5 jenis penyakit kanker yang paling mematikan!

Jumat, 21 Oktober 2016 07:06 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini dia 5 jenis penyakit kanker yang paling mematikan! Ilustrasi kanker paru-paru. ©Thinkstock photos/ Getty Image

Merdeka.com - Ketika berbicara tentang suatu penyakit, kanker mungkin menjadi penyakit yang menduduki peringkat teratas sebagai penyakit yang paling mematikan. Demi menghindarinya, banyak orang yang rela untuk mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat. Dan saat seseorang sudah terdiagnosa penyakit ini, maka kanker seolah menjadi akhir dari dunia.

Untuk meningkatkan kewaspadaan akan penyakit ini, American Cancer Society di tahun 2016 mengeluarkan daftar penyakit kanker yang paling mematikan. Berikut adalah daftarnya.

1 dari 5 halaman

Kanker liver

Kanker mematikan. shutterstock

Kebanyakan dari kamu mengetahui bahwa lever hanya berfungsi untuk menyaring racun. Namun, organ dalam ini juga berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan gula menjadi energi, menjaga kesehatan pencernaan, serta mencegah pembekuan darah.

Ketika sel kanker berkembang di lever, maka seluruh fungsi dan organ dalam tubuh bisa terganggu. Pria merupakan makhluk yang berisiko lebih tinggi untuk terkena jenis kanker ini dibandingkan dengan wanita. Dan deteksi secara dini bisa membantu mencegah efek fatal dari penyakit ini.

2 dari 5 halaman

Kanker payudara

Kanker mematikan. shutterstock

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi di kalangan wanita. Selain wanita, pria pun berpotensi untuk terkena penyakit yang sama.

Ada beberapa faktor yang membuat wanita berisiko besar untuk terkena kanker payudara yaitu genetika, terapi penggantian hormon, serta konsumsi alkohol.

Gejala dari penyakit ini adalah perubahan di puting yang tidak biasa, benjolan mencurigakan, serta berubahnya ukuran payudara.

3 dari 5 halaman

Kanker pankreas

Kanker mematikan. shutterstock

Berdasarkan estimasi, kanker pankreas bisa membunuh sekitar 42.000 setiap tahun. Kanker pankreas bisa menjadi sangat membahayakan sebab tidak ada tanda awal dari munculnya penyakit ini.

Beberapa penderita mengalami gejala yang berbeda-beda seperti rasa sakit di perut bagian atas atau belakang, kehilangan nafsu makan, atau mudah lelah. Untuk itulah deteksi dini akan adanya potensi penyakit ini sangatlah diperlukan.

4 dari 5 halaman

Kanker usus

Kanker mematikan. shutterstock

Kanker usus diprediksi menjadi kanker kedua yang paling mematikan baik bagi pria maupun wanita.

Kanker usus biasanya dimulai dengan pertumbuhan polip di usus besar. Ketika hal ini tidal terdeteksi, maka secara cepat akan berkembang menjadi kanker yang ganas. Pola hidup yang tidak sehat dianggap menjadi faktor terbesar munculnya kanker usus.

5 dari 5 halaman

Kanker paru-paru

Kanker mematikan. shutterstock

Kanker paru-paru menduduki peringkat teratas sebagai kanker yang mematikan. Setidaknya 158.000 terbunuh karena kanker ini.

Merokok tetap menjadi faktor utama dari munculnya kanker paru-paru. Perokok sendiri berisiko 80-90% untuk terkena kanker paru. Selain rokok, paparan udara kotor secara terus-menerus yang bersifat karsinogen berpotensi menyebabkan kanker ini.

Penyakit memang tidak bisa diprediksi kapan dan seperti apa bentuknya. Namun menjalankan pola hidup sehat sejak awal sangatlah membantu untuk mencegah munculnya penyakit mematikan seperti kanker. [feb]

Baca juga:
Awas, kanker paru-paru bisa ditandai dengan menurunnya kelopak mata
Ini dia 5 jenis kanker yang paling sering menyerang tubuh pria!
Keseringan terjebak macet bikin kamu berisiko tinggi terkena kanker
Bukan kanker! Ini 7 penyebab munculnya rasa sakit di payudara

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini