Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut

Jumat, 23 Agustus 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut Ilustrasi tidur. ©shutterstock.com/Valeriy Lebedev

Merdeka.com - Malam terasa sangat gerah namun kamu terjebak dalam sebuah dilema. Selama 25 tahun kehidupanmu, kamu hampir tak bisa lepas dari selimut kesayangan yang sudah kumal untuk tidur.

Kamu sangat ingin untuk tidur dengan menggunakan selimut kesayanganmu. Namun sayangnya hawa yang terlalu panas membuatmu tak bisa untuk melakukan hal ini karena rasa gerah yang menyerang.

Akhirnya kamu memilih untuk menyalakan kipas angin langsung ke tubuhmu ketika tidur. Dengan cara ini, kamu masih bisa tidur nyenyak dengan menggunakan selimut kesayanganmu.

Sulitnya tidur tanpa selimut ini ternyata tak hanya kamu alami sendirian. Banyak orang yang ternyata juga mengalami masalah tidur tanpa menggunakan selimut di tubuh mereka. Bahkan mereka tetap melakukan ini kendati udara tengah panas.

Dilansir dari Huffington Post, pakar menjelaskan mengenai penyebab mengapa kamu tak bisa tidur lepas dari selimut. Hal ini disebut sebagai salah satu mekanisme tubuh untuk menyesuaikan diri dengan temperatur. Namun pada suhu panas, hal ini ternyata bisa menyebabkan masalah.

1 dari 3 halaman

Tidur Sangat Terpengaruh dengan Temperatur

"Ritme sirkadian kita sangat terikat dengan temperatur dan menurunnya temperatur tubuh ini terjadi tepat sebelum tidur," jelas Ellen Wermter, praktisi perawatan keluarga dari Charlottesville, Virginia.

Temperatur tubuhmu bakal menurun drastis pada malam hari. Hal ini terjadi sebagai cara tubuh untuk menyimpan energi sehingga hal ini bisa diarahkan ke sistem tubuh lain seperti pencernaan.

2 dari 3 halaman

Selimut Saat Panas Bisa Berakibat Buruk

Seprei dan selimut menjaga temperatur tubuh dari penurunan yang terlalu drastis dan bisa membuatmu terbangun. Hal ini bisa membuat proses restorasi yang dilakukan pada tubuhmu jadi terganggu.

Namun sayangnya ketika udara panas, kebiasaan tidur berselimut ini justru bisa menimbulkan dampak sebaliknya. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan suhu panas udara terperangkap di tubuhmu.

"ketika tubuhmu sudah hangat, hal ini meningkatkan temperatur dan membuat munculnya oven uap di dalam selimut," terang Wermter.

3 dari 3 halaman

Tubuh Panas Bisa Buat Sulit Tidur

Sebelum tidur, menurunnya temperatur tubuh biasanya menjadi tanda waktu untuk kamu terlelap. Temperatur yang terlalu hangat bisa membuat otak berpikir untuk terus aktif dan tak beristirahat.

Bahkan ketika kamu sudah bisa tertidur, bisa jadi tak lama kamu bakal terbangun.

"Temperatur tubuhmu bakal meningkat sehingga kamu terbangun karena tubuh bakal berusaha untuk mendinginkannya," terang Wermter.

Walau bisa menyebabkan masalah pada tidur, namun menyingkirkan selimut untuk tidur ini tak semudah kelihatannya. Hal ini sudah menjadi rutinitas yang bakal sulit untuk kamu hilangkan.

"Hal ini sudah menjadi bagian rutinitasmu, tanpa ini, otakmu bakal merasa ada sesuatu yang hilang dan kamu kesulitan untuk bersantai," jelas Wermter. [RWP]

Baca juga:
Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Jadi Pertanda Adanya Alzheimer
Tingginya Tuntutan Buat Orang Asia Tidur Lebih Singkat Dibanding Orang Lainnya
Miliki Pikiran Positif Bisa Buat Kamu Tidur Lebih Lama dan Berkualitas
Ini Posisi Tidur Paling Tepat Ketika Kamu Sedang Mengalami Menstruasi

Topik berita Terkait:
  1. Fakta Kesehatan
  2. Insomnia Dan Tidur
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini