Gigi kamu jadi sensitif? Ini dia faktor penyebabnya

Selasa, 14 November 2017 19:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi gigi sensitif. ©michaelsdental.com

Merdeka.com - Mereka yang memiliki jenis gigi sensitif, termasuk kamu, pasti mengalami beberapa gangguan menyebalkan. Kamu jadi tidak bisa menikmati makanan atau minuman favorit hingga sering ngilu di saat-saat tertentu.

Selain karena saraf gigi, ingin tahu faktor apa saja yang membuat gigimu jadi sensitif?

Sinus
Penderita sinus bisa mengalami gigi sensitif. Hal ini terjadi karena sinus terletak dekat dengan dasar gigi sehingga ketika sinus kambuh, maka akan membuat gigi jadi sensitif, sakit kepala, hingga nyeri rahang.

Menstruasi
Menstruasi juga bisa mengubah gigi wanita jadi sensitif. Hal ini disebabkan adanya fluktuasi hormon yang terjadi saat menstruasi.

Kehamilan
Selain menstruasi, fluktuasi hormon saat hamil rentan membuat gigi wanita jadi sensitif. Sehingga disarankan agar wanita hamil mengganti pasta giginya khusus untuk gigi sensitif.

Bruxism
Bruxism adalah gigi yang suka bergerak bertabrakan ketika kamu tidur. Hal ini akan mengikis email gigi dan membuat gigi jadi sensitif.

Stres
Stres bisa menimbulkan tekanan psikologis yang akhirnya berdampak pada kesehatan mulut, termasuk gigi dan mengubah gigi jadi lebih sensitif.

Cuaca dingin
Para pemilik gigi sensitif wajib mewaspadai udara dingin. Sebab nyeri atau ngilu mudah datang ketika kamu berada di udara yang dingin.

Asam lambung
Asam lambung yang naik mampu menghilangkan pelindung alami gigi karena adanya kandungan pepsin proteolitik di dalam asam. Hasilnya, gigi pun menjadi sensitif. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.