Benarkah Wi-Fi bisa membunuh manusia secara perlahan? Ini jawabannya

Selasa, 14 Februari 2017 00:01 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Benarkah Wi-Fi bisa membunuh manusia secara perlahan? Ini jawabannya Ilustrasi WiFi. boldsky.com

Merdeka.com - Wi-Fi yang menjadi pintu gerbang untuk bersentuhan dengan internet semakin tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Sebabnya internet mampu memfasilitasi manusia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, memberikan sarana hiburan, hingga berkomunikasi.

Namun tahukah kamu bahwa Wi-Fi menyimpan potensi bahaya untuk kesehatan? Penelitian menemukan bahwa router Wi-Fi bisa mempengaruhi pertumbuhan anak-anak hingga tanaman. Sebabnya Wi-Fi memiliki radiasi elektromagnetik yang mampu menembus tubuh dan mengacaukan sistem di dalamnya.

Lalu, benarkah Wi-Fi bisa membahayakan nyawa manusia? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa efek buruk dari Wi-Fi.

2 dari 7 halaman

Menurunkan konsentrasi

rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Ternyata peningkatan radiasi Wi-Fi bisa menyebabkan berkurangnya aktivitas otak yang kemudian akan mempengaruhi daya konsentrasi serta penurunan memori dalam jangka panjang.

3 dari 7 halaman

Mempengaruhi pertumbuhan sel

sel rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Penelitian menemukan bahwa radiasi yang dipancarkan dari sinyal Wi-Fi bisa merusak sel-sel dalam tubuh manusia. Akibatnya, seluruh fungsi di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

4 dari 7 halaman

Menguras energi

rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Kelelahan kronis merupakan salah satu efek buruk dari radiasi. Sebab, radiasi mampu menguras energi manusia sehingga manusia tak bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan baik.

5 dari 7 halaman

Memancing gangguan jantung

jantung rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Sebagai akibat respon fisik dari gelombang elektromagnetik, denyut jantung manusia akan meningkat. Bahkan mirip dengan detak jantung seseorang ketika berada di bawah tekanan. Hal ini lama-kelamaan akan meningkatkan serangan jantung.

6 dari 7 halaman

Menyebabkan insomnia

rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Terlalu lama terpapar radiasi elektromagnetik juga bisa mempengaruhi pola gelombang otak yang kemudian merusak pola tidur sehari-hari. Rusaknya pola tidur ini lama-kelamaan bisa mengarah pada munculnya insomnia.

7 dari 7 halaman

Tips pencegahan

rev1Efek buruk wi-Fi. boldsky.com

Semua efek buruk tersebut lama-kelamaan mampu membahayakan nyawa manusia. Lalu, bagaimana caranya agar kesehatan dan bahkan nyawamu tak terancam akibat paparan Wi-Fi? Berikut adalah tipsnya.

Sebelum tidur, pastikan kamu mematikan sinyal Wi-Fi untuk mencegah terkena radiasi di malam hari.

Letakkan router di tempat di mana kamu jarang berdiam diri di dalamnya. Hal ini berfungsi untuk meminimalkan paparan radiasi.

Terakhir, hindarkan bayi dari sinyal Wi-Fi sebab bayi lebih rentan terhadap radiasi yang ada yang kemudian berakibat menyebabkan terganggunya pertumbuhan sel.

  [feb]

Baca juga:
Olahraga bikin sehat, bukan bikin kurus?
Pakai ransel berat bisa buat kebiasaan makan jadi lebih sehat
Pelaku seks 'ekstrem' hidupnya lebih sehat dan stabil?
Mau lebih sehat? Olahraga selama 12 menit saja!
Tertawa adalah obat yang terbaik untuk kesehatan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini