Air Putih Bisa Jadi Minuman yang Paling Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Anak

Sabtu, 16 November 2019 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Air Putih Bisa Jadi Minuman yang Paling Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Anak Air minum kemasan. boldsky.com

Merdeka.com - Banyak orangtua yang mencoba meningkatkan kemampuan kognitif mereka dengan berbagai macam cara. Namun sesungguhnya terdapat sebuah minuman ajaib yang bisa berdampak terhadap kemampuan kognitif anak.

Tanpa banyak disadari, air putih merupakan minuman ajaib yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini diketahui berdasar sebuah penelitian terbaru.

Dilansir dari New York Post, penelitian ini dilakukan oleh professor Charles Hillman dari Northeastern University dan Naiman Khan dan University of Illinois. Diketahui bahwa mengonsumsi air dan menjaga supan air bisa meningkatkan kemampuan anak untuk multitasking dan meningkatkan reaksi mereka. Penelitian ini telah dipublikasikan pada Journal of Nutrition.

"Anak dengan asupan air lebih besar bisa lebih baik dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan fleksibilitas mental, multitasking, serta kinerja memori," terang Hillman.

"Penelitian ini merupakan yang pertama menggunakan desain kelompok terkontrol acak untuk mempelajari hubungan dari hidrasi dan kognisi pada anak," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Air Mungkin Mempengaruhi Proses Kognisi

Selama dua dekade, Hillman telah mempelajari bagaimana aktivitas fisik dan fitness bisa berdampak pada otak dan kognisi. Penelitian terbarunya ini dilakukan dengan menggandeng perusahaan air mineral untuk melihat bagaimana efek hidrasi pada otak.

Pada penelitian ini, peneliti melihat hasil tes dari 75 anak di Illinois antara usia 9 hingga 11. Kemampuan kognitif mereka ditunjukkan setelah mengonsumsi beragam jenis air.

Hasil dari penelitian ini, Hillman mengungkap bahwa terdapat korelasi antara berapa banyak air yang dikonsumsi dan seberapa cepat mereka berganti ke tugas lain. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara dehidrasi dan fungsi kognitif yang buruk pada anak-anak.

"Anak-anak yang lebih baik mendapat hidrasi, cenderung memiliki kemampuan lebih baik dalam multitasking dan memiliki kecepatan reaksi lebih baik. Anak-anak yang konsumsi airnya meningkat, kemampuan multitaskingnya juga meningkat," terang Khan.

"Hal ini menunjukkan pada kita bahwa manfaat air mungkin berguna proses kognitif yang berhubungan dengan multitasking," tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Orangtua untuk Jawab Ketika Anak Tanya dari Mana Bayi Berasal
Protein yang Masuk pada Anak Bisa Bantu Cegah Stunting
Begini Cara Tepat Menyiapkan Menu Makanan Padat Gizi bagi Buah Hati
Morning Sick Parah yang Dialami Ibu Hamil Bisa Sebabkan Masalah Autisme pada Anak
Cyber Bullying yang Dialami Anak-Anak Bisa Sebabkan Trauma Jangka Panjang

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini