8 Penyebab Munculnya Busa pada Air Seni Kamu

Jumat, 21 Desember 2018 00:13 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Penyebab Munculnya Busa pada Air Seni Kamu Ilustrasi bir. ©shutterstock.com/Valentyn Volkov

Merdeka.com - Kesehatan yang kita miliki dapat dinilai melalui salah satu indikator yang cukup mudah yaitu berdasar air kencing yang keluar. Baik warna, bau, serta berbagai hal lain pada urine yang kita keluarkan dapat membantu kita mengenali kondisi diri kita.

Salah satu hal yang kerap luput dari pandangan kita adalah ketika air kencing yang keluar ternyata berbusa. Munculnya busa pada urine ini tentu saja cukup berbeda dari kebiasaan dan dapat muncul karena berbagai kondisi.

Dilansir dari Health 24, ini sejumlah alasan mengapa air seni kita berbusa:

1. Aliran kencing yang sangat cepat

Kecepatan keluarnya urine dapat mempengaruhi munculnya busa ini ketika mereka dikeluarkan. Ketika urine keluar dengan kecepatan tinggi maka memungkinkan kemunculan busa ini juga.

"Beberapa busa yang muncul di urine ini normal dan dapat dipengaruhi oleh seberapa cepat aliran kencing dan seberapa jauh perjalanan urine ini sebelum keluar di toilet," ujar dr Yankov Liss, Nephroligis di CareMount Medical, New York.

2. Kinerja ginjal yang tak beres

Munculnya busa pada air kencing dapat disebabkan karena kerja ginjal yang agak bermasalah. Ketika air seni tampak berbusa, hal ini dapat disebabkan karena kelebihan protein yang tak mampu difilter ginjal.

"Pada kondisi normal, filter di ginjal tidak akan melewatkan molekul protein dari darah lewat dan berakhir menjadi urine," terang dr Liss.

"Peningkatan protein pada urine umumnya merupakan bukti dari filter ginjal yang bocor dan bermasalah," sambungnya.

3. Dehidrasi

Air merupakan kandungan utama yang terdapat pada urine. Ketika kamu tidak cukup banyak minum dan kekurangan minum, kencingmu bisa berbusa.

"semakin dehidrasi seseorang, makan urine semakin keruh karena tubuh berusaha untuk menyimpan air," terang dr Liss.

Hasilnya, kencing menjadi berbusa karena banyak kandungan sedangkan air hanya sedikit. Minum air bisa jadi salah satu cara ketika kencing kamu berbusa untuk mengetahui apakah ini disebabkan karena dehidrasi.

4. Diabetes atau Hipertensi

Pengaruh protein kembali berperan pada masalah ini. Baik diabetes maupun hipertensi dapat memengaruhi aliran darah ke ginjal dan menghambat fungsinya.

"Hal ini meningkatkan tekanan yang berakibat adanya luka dan protein pada urine," jelas dr Liss.

Untuk mengetahui apakah busa pada air seni diakibatkan oleh dua penyakit tersebut, penting untuk mengenali gejala-gejala lainnya. Jika memang sungguh-sungguh terjadi, maka penting untuk segera mengunjungi dokter. [RWP] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini