7 Makanan Berbahaya yang Bisa Sebabkan Masalah pada Ibu Ketika Awal Kehamilan

Sabtu, 9 November 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Makanan Berbahaya yang Bisa Sebabkan Masalah pada Ibu Ketika Awal Kehamilan Ilustrasi keguguran. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/DanielW

Merdeka.com - Menjaga kesehatan dan kebugaran pada ibu hamil merupakan hal yang penting. Pada masa-masa awal kehamilan, makanan ini bisa sangat berdampak baik pada ibu maupun pada janin.

Selama kehamilan, wanita disarankan untuk lebih memperbanyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Makanan yang kamu konsumsi bisa menyebabkan berbagai masalah pada kehamilan. Paling parah, sejumlah makanan bisa berujung dengan keguguran pada ibu hamil.

Sejumlah makanan bisa tanpa kamu sadari menyebabkan bahaya termasuk keguguran pada ibu hamil. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang bisa berbahaya bagi ibu hamil

1 dari 7 halaman

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang memiliki efek melembutkan rahim dan menyebabkan kontraksi. Hal tersebut menjadikan nanas mengandung zat yang dapat menyebabkan keguguran.

2 dari 7 halaman

Pepaya

Pepaya adalah makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, terutama pepaya muda. Pasalnya, pepaya muda dan pepaya matang dapat menyebabkan kontraksi rahim dan memiliki enzim yang bisa menyebabkan keguguran.

3 dari 7 halaman

Kentang yang Mulai Bertunas

Kentang yang sudah lama dan mulai bertunas mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan solanin pada kentang bertunas dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

4 dari 7 halaman

Ikan Kalengan

Jika kamu suka ikan, batasi konsumsi ikan dalam kaleng. Pasalnya, makanan ini mengandung pengawet, garam, dan beberapa bahan kimia yang dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan retensi air di tubuh.

5 dari 7 halaman

Telur Setengah Matang

Telur setengah matang merupakan makanan yang harus dihindari ketika hamil. Sebaiknya masak telur sampai matang untuk membunuh bakteri Salmonella di dalamnya.

6 dari 7 halaman

Jus Kemasan

Jus kalengan memiliki kandungan tinggi gula serta mengandung pengawet dan bahan kimia lainnya. Hal ini sebaiknya berhenti kamu konsumsi dan menggantinya dengan jus segar.

7 dari 7 halaman

Keju

Keju merupakan makanan yang tanpa disadari ternyata tidak aman untuk ibu hamil. Karena keju terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, sehingga itu tidak aman untuk ibu hamil dan janin.

Inilah tujuh makanan yang bisa sebabkan keguguran di awal kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sejumlah makan tersebut untuk menghindari bahaya di awal kehamilan. [RWP]

Baca juga:
Kehamilan Bisa Timbulkan Efek Setara Penuaan pada Wanita
Morning Sick Parah yang Dialami Ibu Hamil Bisa Sebabkan Masalah Autisme pada Anak
Hindari Anemia pada Ibu Hamil dengan Perbaiki Asupan Nutrisi yang Dimiliki
Partikel dari Polusi Udara Bisa Masuk Hingga Plasenta Ibu Hamil

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini