7 Hal ini bikin air kencingmu jadi berbuih

Jumat, 26 Mei 2017 16:46 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Hal ini bikin air kencingmu jadi berbuih Ilustrasi sparkling water. www.simplyrealmoms.com

Merdeka.com - Air kencing yang kamu keluarkan bisa menjadi indikator dari keadaan kesehatan tubuhmu. Ketika air kencingmu bening dan bersih, maka kesehatanmu baik-baik saja. Namun saat kencingmu berwarna gelap dan berbau, maka bisa jadi ada masalah dengan kesehatanmu. Termasuk dengan munculnya buih atau gelembung di urin.

Apa saja faktor yang membuat munculnya gelembung di air kencing? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

Dehidrasi

Munculnya gelembung atau busa di urin bisa terjadi karena dehidrasi. Saat kamu mengalami dehidrasi maka urin akan cenderung mengandung protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi sehingga membuat urin bergelembung.

kehamilan

Urin berbusa bisa terjadi selama kehamilan. Sebab, selama kehamilan ginjal harus bekerja dengan keras dan protein bisa masuk ke dalam urin dan menyebabkannya berbusa.

stres

Saat kamu stres atau cemas, urin cenderung berbusa. Sebabnya saat kamu stres, ginjal akan memproduksi lebih banyak albumin atau protein.

Diabetes

Penyakit diabetes juga bisa mempengaruhi kerja ginjal dan menyebabkan urin berbusa.

Proteinuria

Proteinuria adalah kondisi dimana kadar protein dalam ginjal terlalu tinggi. Bila ginjal tidak mampu menyaring protein ini dengan baik akibatnya kencing jadi berbusa.

ISK

ISK adalah penyakit yang membuat bakteri menginfeksi saluran kemih. Hal ini bisa membuat urinmu jadi berbusa.

Masalah jantung

Masalah jantung atau kardiovaskular juga bisa membuat urinmu berbusa. Karena penyakit ini membuat kadar protein dalam tubuh juga meninggi. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini