KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

7 Gejala kanker kulit yang tak terlihat sebelumnya

Kamis, 10 Agustus 2017 17:36 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi sakit kepala. ©www.dailymail.co.uk

Merdeka.com - Tahukah kamu bahwa gejala awal dari kanker kulit tak selalu terlihat menonjol di atas kulitmu? Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, gejala kanker kulit malah terkadang muncul di anggota tubuh lain dan tak bisa kamu lihat dengan mata telanjang.

Maka, apa saja gejala dari kanker kulit yang tersembunyi? Dilansir dari boldsky.com, ini dia penjelasannya.

Benjolan di bawah kulit
Kamu tak bisa melihat benjolan ini, namun kamu bisa merasakannya saat merabanya. Benjolan ini akan tumbuh di sekitar area pangkal paha, ketiak, atau leher. Jika kamu mengalaminya, maka ini adalah indikasi bahwa kanker kulit telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Nyeri perut
Selain kelenjar getah bening, melanoma juga bisa menyebar ke hati. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan merasakan sakit perut di sebelah kanan.

Masalah pernapasan
Melanoma juga bisa menyebar ke paru-paru. Saat masuk ke paru-paru, maka kamu akan mengalami sesak napas atau batuk terus-menerus.

Nyeri sendi
Seiring dengan kelenjar getah bening, paru-paru, dan hati, sel kanker juga bisa menyebar ke tulang. Sehingga kamu akan mengalami nyeri sendi.

Penglihatan kabur
Melanosit yang merupakan sel penghasil pigmen, juga ada di mata. Meski kasusnya jarang terjadi, namun sel kanker bisa berkembang di sel mata dan membuat penglihatanmu kabur.

Kram
Melanosit juga ada di usus. Alhasil saat sel kanker berkembang, kamu bisa mengalami gejala seperti diare, konstipasi, kram, atau nyeri usus.

Sakit kepala
Sama seperti mata dan usus, otak juga mengandung melanosit. Jadi ada kemungkinan bahwa melanoma bisa bertumbuh disana. Dampak buruknya adalah kamu bisa mengalami sakit kepala, kejang, atau masalah kognitif lainnya. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.