6 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Berolahraga untuk Mencegah Dehidrasi

Sabtu, 27 November 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Berolahraga untuk Mencegah Dehidrasi Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Setelah berolahraga, asupan nutrisi yang tepat merupakan sebuah hal yang penting diketahui. Konsumsi makanan dan minuman setelah berolahraga merupakan hal yang tak kalah penting dibanding sebelum berolahraga.

Usai berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan karena keringat yang keluar. Untuk menghindari dehidrasi, penting bagimu untuk mengonsumsi asupan air dalam jumlah cukup.

Dehidrasi yang kamu alami bisa jadi penyebab munculnya masalah ginjal, kesulitan menjaga daya tahan, serta penyembuhan setelah cedera. Asupan air dalam tubuh ini bisa membantu memecah dan menyerap nutrisi pada tubuh.

Selain konsumsi air putih, ternyata terdapat sejumlah minuman lain yang bisa jadi alternatif penggantinya. Sejumlah minuman ini juga bisa membantu proses pemulihan tubuh.

Pilihan minuman ini bisa jadi alternatif yang lebih lezat dibanding air putih untuk diminum setelah berolahraga. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah minuman yang bisa jadi pengganti air putih untuk mencegah dehidrasi.

2 dari 4 halaman

Susu Cokelat dan Air Kelapa

dan air kelapa rev2

Susu Cokelat

Susu cokelat memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan cocok dikonsumsi setelah olahraga. Karbohidrat bisa membantu mempercepat pemulihan dengan mengganti glikogen yang hilang saat berolahraga. Protein di dalam susu cokelat yang berpadu dengan karbohidrat bisa membantu pemulihan otot yang lelah.

Air Kelapa

Air kelapa bisa jadi minuman serbaguna termasuk membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Minuman ini memiliki kandungan elektrolit yang tinggi seperti magnesium dan potassium. Dibanding minuman olahraga, air kepala mengandung sodium lebih sedikit dan mengurangi risiko dehidrasi dan penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Minuman Campuran Semangka dan Kemangi Serta Jus Ceri

semangka dan kemangi serta jus ceri rev2

Minuman Campuran Semangka dan Kemangi

Semangka memiliki kandungan magnesium, potassium, dan garam yang mampu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh. Semangkan mengandung 90 persen air yang membantu mengganti air hilang di dalam tubuh. Menambah daun kemangi pada jus semangka bisa menghilangkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

Jus Ceri

Jus ceri mengandung antioksidan sehingga bisa membantu mengurangi peradangan serta preoksidasi lipid yang membantu pemulihan otot. Selain membantu menjaga otot dari cedera, hal ini mencegah hilangnya kekuatan otot.

4 dari 4 halaman

Teh Hijau dan Hitam serta Bir Non-Alkohol

dan hitam serta bir non alkohol rev2

Teh Hijau dan Hitam

Teh hitam dan hijau bisa membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak merupakan proses memecah lemak menjadi molekul kecil menjadi energi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Bir Non-Alkohol

Berdasar penelitian pada Journal of the International Society of Sports Nutrition, karbohidrat dan elektrolit pada bir non-alkohol bisa membantu mengurangi risiko kram otot setelah olahraga. Hal ini juga diketahui membantu mengurangi peradangan setelah olahraga terutama setelah bersepeda.

Sejumlah minuman tersebut bisa menjadi pilihan yang lezat dibanding air putih setelah berolahraga. Hal tersebut bisa menjadi pengganti air putih yang biasa kamu konsumsi setelah olahraga.

Baca juga:
Kebiasaan Makan Sendirian pada Wanita Lansia Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
Konsumsi Susu Pasteurisasi Jadi Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sehari-Hari
Rasa Umami pada Makanan Bantu Tingkatkan Nafsu Makan Lansia
Ini Penyebab Buang Air Terasa Panas dan Menyakitkan Usai Konsumsi Makanan Pedas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini