6 Hal yang harus diingat para pengguna lensa kontak

Senin, 29 Agustus 2016 19:32 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
6 Hal yang harus diingat para pengguna lensa kontak Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock/Valerie Potapova

Merdeka.com - Bagi banyak orang menggunakan lensa kontak sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Meski begitu bukan berarti membersihkan lensa kontak bisa dilakukan dengan mudah dan menjadi hal yang remeh. Ketika membersihkan dan menggunakan lensa kontak dengan benar sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Mencuci tangan

Sebelum memegang lensa kontak bersihkan dulu tangan Anda. Gunakan sabun yang lembut tanpa parfum dan tambahan apapun. Parfum dan tambahan pada sabun biasanya menyebabkan lapisan pada tangan yang bisa mengiritasi mata.

2. Mengeringkan tangan

Pastikan tangan sudah kering dan bersih saat memegang lensa kontak. Setelah mencuci tangan bersihkan dengan tissue hingga kering.

3. Perhatikan kuku tangan

Memiliki kuku tangan yang panjang bisa merusak lensa kontak atau bahkan menyebabkan goresan pada mata.

4. Cuci lensa kontak

Lensa akan kotor setelah digunakan beberapa waktu, karena itu rajin-rajinlah membersihkannya. Letakkan satu pada telapak tangan kemudian gunakan cairan pembersih untuk membersihkannya.

5. Hindari air

Jangan sampai lensa kontak Anda terkena air, karena mikroorganisme yang ada pada air bisa mengontaminasi lensa kontak dan menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu hindari berenang atau mandi menggunakan lensa kontak.

6. Bersihkan tempat lensa

Bersihkan tempat lensa kontak secara teratur dengan mencucinya menggunakan air hangat. Biarkan mengering dengan sendirinya dan jika perlu ganti tempat lensa secara teratur.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjaga kebersihan lensa kontak. Selain itu, jangan gunakan lensa kontak bergantian dengan orang lain, serta jangan menggunakan lensa kontak saat tidur. Jika Anda mengalami infeksi mata saat memakai lensa kontak, segera ganti lensa setelah sembuh. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini