6 Cara Mudah Diterapkan untuk Mengatasi Stres yang Terjadi karena Kondisi Fisik

Sabtu, 29 Februari 2020 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Mudah Diterapkan untuk Mengatasi Stres yang Terjadi karena Kondisi Fisik Ilustrasi stres. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kondisi stres atau tertekan merupakan suatu hal yang biasa dialami sehari-hari oleh banyak orang. Terjasinya masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti tekanan pekerjaan atau kehidupan pribadi.

Walau menyusahkan, tak selamanya stres yang dialami itu buruk. Terdapat kondisi stres yang baik dialami dan dikenal sebagai eustress dan bisa meningkatkan motivasi, fokus, serta tenaga.

Walau begitu, ada juga stres yang buruk dan bisa menyebabkan masalah mulai kecemasan, depresi, bahkan hingga menurunnya performa saat bekerja. Terjadinya stres ini bisa disebabkan masalah fisik seperti sakit kepala, masalah pencernaan, serta gangguan tidur.

Mengingat berbagai masalah yang mungkin dialami akibat terjadinya stres ini, penting untuk menghindari masalah ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mudah untuk menghilangkan stres yang kamu alami.

1 dari 6 halaman

Menolong Orang Lain

Seseorang yang kerap membantu orang lain cenderung lebih aman dari masalah ketika berada di kondisi stres. Selain itu, ketika kamu membagi perhatian pada orang lain, maka tingkat stres dalam diri juga dapat menurun.

2 dari 6 halaman

Tidur Sejenak

Tidur siang sejenak selama 10 hingga 15 menit bisa membantu baik otak dan tubuh untuk kembali bugar. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih segar dan miliki pikiran lebih jernih usai tidur.

3 dari 6 halaman

Berhenti Minum Alkohol

Banyak orang yang melampiaskan stres yang mereka alami dengan konsumsi minuman keras untuk membuat diri lebih santai. Namun ternyata kandungan alkohol ini bisa memperparah stres serta kecemasan pada jangka panjang.

4 dari 6 halaman

Konsumsi Banyak Air

air

Menurut penelitian, dehidrasi bisa berdampak negatif pada proses kognitif dan mood. Disarankan untuk setidaknya mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari. Hal ini bisa jadi cara untuk menghilangkan stres yang muncul.

5 dari 6 halaman

Benamkan Wajah di Air Dingin

Membenamkan wajah ke dalam air dingin ketika stres bisa menjadi cara untuk menghilangkan masalahmu. Hal ini bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik dan memperlambat detak jantung, pernapasan, sehingga tubuh bakal lebih sedikit menggunakan energi.

6 dari 6 halaman

Berlibur dengan Teman

teman

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa koneksi sosial yang kuat bisa menurunkan stres, mencegah penyakit, dan memperpanjang usia. Kamu bisa mendapat manfaat ini dengan melakukan aktivitas bersama teman, keluarga, atau pasangan untuk menghilangkan stres di dirimu.

Enam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk membantu menghilangkan stres yang dihadapi. Namun ketika masalah yang kamu alami tak kunjung usai, sebaiknya segera mencari pertolongan dari profesional. [RWP]

Baca juga:
Paruresis, Sindrom yang Membuatmu Takut Buang Air di Toilet Umum
Konsumsi Teh Bisa Turunkan Depresi pada Manula
Kenali 3 Faktor Risiko yang Bisa Membuat Seseorang Menjadi Pelaku Kekerasan Seksual
Kekerasan Seksual Bisa Jadi Dilakukan oleh Anak
Tak Hanya Wanita, Pria juga Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini