6 Cara Cepat dan Mudah untuk Menghilangkan Demam dari Tubuhmu

Senin, 2 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Cepat dan Mudah untuk Menghilangkan Demam dari Tubuhmu ilustrasi flu. ©villagepharmacyhampstead.com

Merdeka.com - Perubahan musim yang terjadi pada saat ini membuat seseorang menjadi lebih rentan untuk mengalami masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang berisiko terjadi adalah munculnya demam.

Demam terjadi ketika suhu tubuh berada di atas 37 derajat celcius. Kisaran suhu tubuh seseorang ketika demam bisa berbeda-beda tergantung dari daya tahan, waktu, lingkungan, pakaian, serta usia.

Ketika tubuh demam, dalam kadar tertentu, seseorang bisa mengatasinya tanpa harus berkunjung ke dokter. Mereka bahkan tidak harus mengonsumsi obat untuk menurunkan suhu tubuh.

Ketika demam terjadi kurang dari tiga hari, sejumlah hal bisa kamu lakukan untuk menghilangkan demam ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut cara cepat dan mudah untuk menghilangkan demam.

1 dari 6 halaman

Jaga Asupan Air

Menjaga asupan air dalam tubuh bisa membantu proses pemulihan dan mengeluarkan racun. Pada anak-anak, disarankan untuk mencampur air dengan jus buah untuk mengurangi kandungan gula berlebih.

Minuman tinggi gula juga sebaiknya dihindari ketika tengah demam. Minuman yang sebaiknya dikonsumsi adalah air kelapa karena kandungan elektrolit di dalamnya serta teh herbal.

2 dari 6 halaman

Tidur

Beristirahat bisa mengaktifkan hormon yang memperbarui jaringan dan meningkatkan kekebalan tubuh setelah tidur nyenyak. Tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap hari bisa membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan virus.

3 dari 6 halaman

Mandi Air Hangat

Mandi air yang terlalu dingin bisa memperburuk demam. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mendi air hangat. Tambahkan garam epsom dan minyak esensial untuk membuat otot menjadi rileks dan mengurangi nyeri tubuh.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Pakaian Tipis

Memakai jaket atau selimut tebal untuk tidur bisa membuat panas tubuh terkerangkap dan malah naik. Menggunakan pakaian tipis pada suhu kamar bisa bermanfaat untuk menghilangkan demam.

5 dari 6 halaman

Konsumsi Probiotik

Konsumsi probiotik bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu tubuh melawan infeksi karena sistem kekebalan tubuh berada di usus.

6 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Hambar

Konsumsi makanan hambar bisa sangat membantu untuk membuat tubuhmu menjadi sehat. Makanan dan minuman dengan rasa hambar bisa membantu kamu yang kehilangan selera makan dan menyetop muntah.

Cara tersebut bisa sangat mudah untuk kamu terapkan ketika demam melanda. Namun saat tersebut terjadi selama lebih dari tiga hari, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Ini 3 Kunci Sukses Menyusui yang Penting Diketahui

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini