6 Cara Alami yang Bisa Dilakukan Pria untuk Tingkatkan Jumlah Sperma

Rabu, 9 Oktober 2019 00:38 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Alami yang Bisa Dilakukan Pria untuk Tingkatkan Jumlah Sperma Ilustrasi pria idaman. © Alamy

Merdeka.com - Agar dapat lebih optimal dan cepat untuk memiliki keturunan, jumlah sperma yang cukup merupakan sebuah hal yang penting bagi pria. Pasalnya, kurangnya jumlah sperma ini bisa berujung pada kondisi pria yang tidak subur.

Saat ini, masalah ketidaksuburan merupakan suatu hal umum yang jumlahnya terus meningkat. Berdasar sebuah data, diperkirakan bahwa satu dari enam pasangan di dunia mengalami masalah ini.

Dari sejumlah kasus tersebut, 40 hingga 50 persen dari kondisi ini disebabkan oleh pria. Walau ketidaksuburan ini tidak selalu bisa ditangani, hal ini bisa diatasi dengan pola makan sehat dan perubahan gaya hidup.

Pada kesuburan pria, jumlah sperma yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Konsentrasi jumlah sel sperma ini bisa menjadi hal yang menentukan kualitas sperma.

Terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan oleh pria untuk meningkatkan jumlah sperma yang mereka miliki. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah cara alami untuk tingkatkan jumlah sperma pria.

1 dari 6 halaman

Tidur dan Olahraga

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan turunnya berat badan bisa meningkatkan jumlah sperma pada pria obesitas. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa olahraga aerobik sekitar 50 menit setiap hari selama 16 minggu bisa meningkatkan konsentrasi sperma dan jumlahnya pada 45 pria obesitas dan kurang gerak.

2 dari 6 halaman

Menurunkan Stres

Stres bisa membuat tubuh melakukan tindakan defensif dan menyimpan ternaga. Hal ini bisa membuat tubuh mengesampingkan reproduksi dan fokus untuk bertahan hidup ketika mengalami tekanan.

Pola makan yang sehat, olahraga rutin, dan melaksanakan hobi merupakan hal yang dianjurkan ketika mengalami hal ini. Sejumlah cara ini bakal membuat pria mampi mengatasi stres sehingga produksi sperma kembali meningkat.

3 dari 6 halaman

Berhenti Merokok

Merokok bisa menurunkan jumlah sperma secara konsisten. Sebuah penelitian pada tahun 2016 mencoba mempelajari 20 hasil penelitian terhadap 6.000 orang. Diketahui bahwa pria yang merokok secara konsisten mengalami penurunan jumlah sperma.

4 dari 6 halaman

Hindari Alkohol dan Obat-Obatan Berbahaya

Konsumsi obat-obatan terlarang seperti ganja dan kokain disebut berhubungan langsung dengan menurunnya jumlah sperma. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa menurunkan tingkat testosteron serta kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Hal ini bisa berujung menurunnya libido serta impotensi.

5 dari 6 halaman

Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen vitamin D dan kalsium diketahui dapat meningkatkan jumlah sperma. Hal ini terjadi karena menurunnya tingkat vitamin D dapat dihubungkan secara langsung dengan jumlah sperma yang rendah. Oleh karena itu, konsumsi suplemen ini bisa membantu meningkatkan jumlah sperma.

6 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan membantu mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini bisa menyebabkan peradangan yang berujung sejumlah penyakit dan masalah kesehatan. Meningkatkan jumlah makanan antiioksidan pada pola makanmu bisa membantu meningkatkan jumlah sperma seseorang.

Sejumlah cara alami tersebut bisa membantu kamu meningkatkan jumlah sperma pria secara alami.Lakukan hal tersebut agar peluangmu untuk memiliki buah hati menjadi lebih cepat. [RWP]

Baca juga:
Kebiasaan Konsumsi Makanan Olahan Bisa Menimbulkan Masalah Kesuburan pada Pria
Keguguran Bisa Jadi Disebabkan Karena Sel Sperma Pria yang Rusak
Ibu Hamil yang Gondongan Perlu Waspada, Terutama Jika Mengandung Anak Laki-laki
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Air Mani dengan Sperma
Perubahan Gaya Hidup Pria Selama 3 Bulan Bisa Langsung Perbaiki Kualitas Sperma
Kesuburan Pria Juga Perlu Diperiksa Jika Belum Punya keturunan Setelah Setahun

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini