5 Masalah Kesehatan yang Bisa Jadi Wanita Mengalami Kerontokan Rambut

Jumat, 31 Mei 2019 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Jadi Wanita Mengalami Kerontokan Rambut Ilustrasi rambut rontok. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Adam Gregor

Merdeka.com - Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang banyak dialami orang seiring bertambahnya usia. Sayangnya masalah rambut rontok ini ternyata lebih rentan dialami oleh wanita dibanding pria.

Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Australian Journal of General Practice, diketahui bahwa wanita mengalami 49 persen kerontokan rambut pada tahap tertentu kehidupan mereka. Risiko rambut rontok ini juga meningkat seiring bertambahnya usia.

Baik pada pria maupun wanita, penyebab rambut rontok ini bisa dipicu oleh faktor genetis, ketidakstabilan hormon, serta lingkungan yang terkontaminasi. Normalnya seseorang bakal kehilangan 50 hingga 100 helai rambut per hari.

Masalah rambut rontok ini juga dapat terjadi karena masalah kesehatan tertentu yang kamu alami. Berikut lima masalah kesehatan yang bisa menyebabkan rontoknya rambut wanita.

1. Kehamilan

Kehamilan merupakan kondisi kesehatan yang dapat berujung pada munculnya stres yang diikuti oleh rambut rontok. Walau begitu, jumlah rambut yang rontok ini juga bakal meningkat ketika kamu usai melahirkan.

2. Hipotiroidisme

Ketika kamu mengalami hipotiroidisme, tingkat hormon tiroid yang kamu miliki menurun. Menurunnya hormon ini dapat menyebabkan rambut menjadi keras dan menipis yang kemudian menjadi rontok.

3. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat yang ada di dalam tubuh. Peradangan di dalam tubuh ini juga dapat menjadi menjadi salah satu faktor penyebab rambut rontok.

4. Gangguan Stres Akut

Seelah mengalami kejadian traumatis, kamu bisa mendapat masalah kecemasan yang biasa dikenal dengan gangguan stres akut. Pengidap masalah ini cenderung kekurangan nutrisi yang dapat membuat tubuh kesulitan untuk menumbuhkan kembali rambut dan bahkan berujung pada kerontokkan.

5. Hipertiroidisme

Pada kondisi ini, tubuhmu memproduksi tiroid hormon yang berlebih sehingga jadi kebalikan dari hipotiroidisme. Tingginya kandungan hormon ini di tubuh dapat menyebabkan turunnya berat badan dan siklus menstruasi yang tak teratur sehingga sering menyebabkan kerontokan rambut secara signifikan.

Sejumlah masalah tersebut mungkin bisa jadi penyebab wanita mengalami kerontokkan pada rambutnya. Walau begitu terdapat berbagai kondisi lingkungan lain yang penting kamu perhatikan jika mengalami masalah rambut rontok ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini