5 Makanan yang Bisa Sangat Berguna Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Sabtu, 7 Desember 2019 00:35 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan yang Bisa Sangat Berguna Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Ilustrasi bibir kering. © StyleCraze

Merdeka.com - Bibir kering dan pecah-pecah merupakan sebuah masalah kesehatan yang menyebalkan dan menyakitkan. Hal ini bahkan bisa membuat bibirmu berdarah dan kamu bermasalah.

Kondisi bibir yang pecah-pecah ini bisa membuatmu merasa perih dan bermasalah. Kamu bakal kesulitan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu karena masalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang yang menggunakan salep atau lipbalm. Namun penggunaan dua hal ini hanya menimbulkan dampak sementara.

Untuk mendapat efek jangka panjang, kamu bisa memperolehnya dari sejumlah makanan yang kamu konsumsi. Dilansir dari The Health Site, berikut deretan makanan yang bisa mengatasi bibir kering secara alami.

1 dari 5 halaman

1. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 dengan sifat anti peradangan yang membantu mencegah kekeringan kulit termasuk pada bibir. Salmon juga mengandung selenium yang menghilangkan racun dari kulit dan membuatnya terlihat lebih muda.

2 dari 5 halaman

2. Biji Rami

Biji rami kaya dengan asam lemak omega-3 yang menjadi pelindung alami kulit. Kandungan ini juga bisa berguna untuk mempertahankan kelembapan Lemak. Keberadaan lemak omega-3 juga membantu memperbaiki membran sel sehingga membantu mengatasi bibir yang retak.

3 dari 5 halaman

3. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kehalusan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain dari buah, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan selada.

4 dari 5 halaman

4. Mentimun

Mengonsumsi mentimun merupakan cara yang efektif untuk menjaga bibir tetap terhidrasi dan tidak kering. Mentimun juga mengandung senyawa silika yang meningkatkan elastisitas kulit

5 dari 5 halaman

5. Vitamin B

Untuk menjaga bibir tetap halus dan lembap, tubuh perlu mengganti sel-sel dengan yang baru. Untuk mendapatkannya, kamu memerlukan Vitamin B dalam tubuhmu yang bisa diperoleh dari biji-bijian.

Hal lain yang bisa membantu untuk menjaga bibir tetap lembap dan tak kering adalah dengan menjaga asupan air dan mengonsumsi air putih. Hal ini bisa secara efektif menjaganya tetap lembap dan kamu tidak mengalami kondisi pecah-pecah di bibir. [RWP]

Baca juga:
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang
Waspada! Gigi Berlubang pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur
Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan?
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini