5 Kebiasaan Menjijikkan yang Ternyata Menyimpan Dampak Kesehatan

Rabu, 6 November 2019 00:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Kebiasaan Menjijikkan yang Ternyata Menyimpan Dampak Kesehatan Ilustrasi Kentut. ©iStock

Merdeka.com - Setiap orang biasanya memiliki kebiasaan buruk yang mereka lakukan sehari-hari. Beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit kuku atau bahkan kentut sembarangan.

Sejumlah kebiasaan tersebut bisa terlihat sangat mengganggu dan menjijikkan untuk orang lain. Hal ini membuat orang yang melakukannya sering dianggap tidak sopan atau tak tahu adat.

Namun ternyata beberapa kebiasaan buruk dan menjijikkan yang dilakukan seseorang memiliki manfaat tersendiri. Hal ini bahkan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seseorang tanpa disadari.

Mulai dari kentut hingga menggigit kuku ternyata memiliki fungsi kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah kebiasaan menjijikkan yang ternyata menyimpan manfaat kesehatan.

1 dari 5 halaman

Kencing Ketika Mandi

Buang air kecil ketika mandi merupakan salah satu kebiasaan menjijikkan yang banyak dilakukan tanpa diakui. Ternyata, hal ini setidaknya bisa memberi dampak positif bagi kesehatan. Kandungan asam urine dan amoniak pada air kencing bisa mencegah infeksi jamur pada kuku kaki.

2 dari 5 halaman

Makan Permen Karet

Salah satu kebiasaan menjijikan dari permen karet adalah karena lengketnya permen ini sehingga kadang menodai tangan. Namun mengunyah permen karet ini ternyata memberi manfaat yang lebih besar dibanding kafein untuk fokus, mempertajam memori, mengurangi stres, dan menyeimbangkan hormon.

3 dari 5 halaman

Kentut

Kentut merupakan kebiasaan yang menjijikkan bagi orang lain namun menyehatkan bagi diri kita. Pada dasarnya, kentut merupakan hasil sistem pencernaan kita yang memproduksi karbon dioksida dan metan ketika mencerna makanan. Kentut bisa membantu mencegah masalah pencernaan dan menahannya malah memicu saki perut dan kembung.

4 dari 5 halaman

Sendawa

Sendawa biasanya dilakukan seseorang setelah makan besar dan membuat perut menjadi lega. Kebiasaan ini bermanfaat untuk melepas udara berlebih di dalam tubuh. Menahan sendawa bisa memicu perut kembung dan bahkan nyeri di dada.

5 dari 5 halaman

Menggigit Kuku

Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dianggap buruk dan menjijikkan. Namun hal ini ternyata membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Masuknya bakteri melalui kebiasaan menggigit kuku bisa membuat tubuh seseorang mengenali bakteri tersebut dan membuat antibodi untuk melawannya.

Sejumlah kebiasaan yang terlihat menjijikkan tersebut ternyata memiliki manfaat untuk tubuh. Walau begitu, ketika hal tersebut terjadi atau dilakukan secara berlebih, bisa jadi ini merupakan tanda masalah kesehatan. [RWP]

Baca juga:
Bukannya Bikin Aman, Filter Rokok Diketahui Malah Tingkatkan Bahaya Kesehatan
Pil Pengembali Keperawanan Dapat Picu Komplikasi Infeksi yang Bisa Berujung Kematian
Begini Cara Tepat untuk Mengetahui Apakah Anak Memiliki Berat Badan Sehat atau Tidak
Waspada! 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Kerusakan Hati

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini