5 Kebiasaan ini bikin mata kamu tak lagi indah

Jumat, 23 September 2016 17:39 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Kebiasaan ini bikin mata kamu tak lagi indah Ilustrasi merokok. Shutterstock/OtnaYdur

Merdeka.com - mata merupakan panca indera yang memegang peranan penting bagimu untuk melihat. Tanpa mata, kamu tak bisa melihat keindahan yang disajikan di dunia ini. Untuk itu bagi kamu yang sudah dianugerahi mata yang sehat nan indah, kamu wajib untuk menjaga kesehatan dan keindahannya dengan cara menjauhi kebiasaan buruk ini.

Tidak banyak mengonsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga kamu wajib untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau serta wortel dan minyak ikan.

Terus-menerus menatap layar komputer

Terus-menerus menatap layar komputer sangat melelahkan untuk mata kamu. Untuk itu, jika kamu termasuk pekerja yang terlalu sering menggunakan komputer, maka berikan waktu beristirahat bagi mata. Cara yang paling sederhana adalah dengan cara berkedip setiap 10 detik sekali. Tindakan ini juga berlaku serupa seperti saat kamu terlalu menatap layar handphone.

Tidak menghapus make up mata

Bagi para wanita, jangan malas untuk menghapus make up mata. Sebab selain itu tidak nyaman untuk tidur dengan make up mata, tidak menghapus make up mata juga bisa membuat mata mudah kotor.

Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mata. Sebab, asapnya bisa menyebab degenerasi makula, penyakit yang bisa membuat kebutaan.

Tidak mengenakan sunglasses

Jika kamu sering berada di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengenakan sunglasses atau kacamata hitam. Sebab tindakan ini bisa melindungimu dari sinar UV yang bisa menyebabkan katarak dan penyakit mata lainnya.

Mata adalah salah satu panca indera yang penting. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga kesehatannya dengan menghindari kebiasaan buruk di atas. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini