5 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuh Kamu

Minggu, 13 Oktober 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuh Kamu Ilustrasi hormon pada pria. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sistem endokrin tubuh manusia bekerja berdasar distribusi hormon di dalamnya. Kurang atau tidak stabilnya hormon bisa berujung pada komplikasi kesehatan.

Terdapat beberapa masalah kesehatan yang terjadi dipicu karena masalah hormon ini. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin kamu alami karena hormon adalah kecemasan kronis, obesitas, rambut rontok, dan ketidaksuburan.

Hormon merupakan kandungan kimia alami yang diproduksi oleh tubuh untuk memastikan nya bisa berfungsi secara normal. Insulin di dalam tubuh mampu membatasi tingkat gula darah dalam tubuh. Estrogen berguna untuk mengembangkan karakteristik seksual dalam tubuh.

Sejumlah hormon juga bermanfaat untuk mengatur mood, energi, berat badan, perkembangan rambut, kesuburan, serta masalah kecemasan. Memiliki jumlah hormon yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, kamu bisa melakukan sejumlah cara terutama secara alami. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara alami untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

1 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat bisa mengganggu sistem endokrin di dalam tubuh. Untuk memastikan kadar hormon kamu dalam jumlah seimbang, disarankan mengonsumsi makanan kaya protein dan serat.

Selain itu, kamu disarankan untuk berhenti mengonsumsi karbohidrat serta gula berlebih. Pastikan makanan yang kamu konsumsi juga kaya dengan kandungan antioksidan.

2 dari 5 halaman

Makan dalam Jumlah Tepat

Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa menyebabkan hormon dalam tubuhmu tidak stabil. Selain kurang nutrisi, pengaturan berat badan yang tidak efisien juga bisa menyebabkan perubahan hormonal.

Makan terlalu sedikit atau banyak bisa mengakibatkan masalah metabolisme serta meningkatkan insulin dan kortisol dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga jumlah kalori yang tepat di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin bisa menimbulkan sejumlah dampak positif bagi kesehatan dan kebugaranmu. Salah satu hal yang bisa kamu peroleh adalah meningkatnya aliran darah.

Untuk meningkatkan aliran darah ini, tubuh bakal meningkatkan produksi hormon anti peradangan. Olahraga seperti latihan kekuatan, aerobik, dan ketahanan bisa bermanfaat meningkatkan hormon.

4 dari 5 halaman

Mengatur Stres

Ketika tubuh berada dalam tekanan, produksi hormon mengalami masalah. Tingkat hormon seperti kortisol dan adrenalin yang bisa melawan penyakit menjadi terganggu saat dalam tekanan.

Gaya hidup yang sibuk serta masalah kesehatan yang dimiliki bisa meningkatkan stres. Untuk mengatasi hal ini, lakukan meditasi, yoga, aromaterapi, atau olahraga untuk menyeimbangkan hormon.

5 dari 5 halaman

Tidur yang Cukup

Ketika kita tidur, tubuh menghilangkan racun melalui sejumlah hormon dalam tubuh. Saat tubuh kurang tidur, produksi hormon juga bakal ikut terganggu.

Pola tidur yang tak seimbang bisa membingungkan tubuh dan menyebabkan bahaya potensial pada produksi hormon. Oleh karena itu, dalam menjaga kestabilan hormon dalam tubuh, tidur yang cukup penting dilakukan. [RWP]

Baca juga:
Seberapa Banyak Gula yang Sebaiknya Kamu Konsumsi dalam Sehari?
Penyebab Terjadinya Sendawa Terus-Menerus dan Cara Jitu Mengatasinya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini