5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Eksim Kulit

Senin, 4 November 2019 00:39 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Eksim Kulit ilustrasi eksim. ©stamfordskin.com

Merdeka.com - Eksim merupakan kondisi kulit yang menyebabkan munculnya bercak yang panas, gatal, panas, pecah-pecah, dan kasar. Masalah kulit ini biasanya pertama muncul pada saat usia dini.

Terdapat berbagai jenis dan bentuk dari masalah ruam kulit ini. Kondisi berbeda yang terjadi pada eksim ini juga membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda.

Masalah kulit ini bisa muncul karena masalah sistem kekebalan tubuh, paparan terhadap iritan atau alergen, terlalu banyak menggaruk, kulit kering, genetik, serta masalah buruknya tekanan darah. Mengetahui penyebab eksim ini bisa membantu untuk menemukan perawatan yang tepat.

Terdapat sejumlah cara untuk mengatasi munculnya eksim di kulit ini baik meredakan gejala maupun mempercepat penyembuhan. Sejumlah bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi eksim ini.

Masalah eksim ini bisa diatasi dengan penggunaan sejumlah bahan alami. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah eksim di kulit.

1 dari 5 halaman

Makanan yang Mengandung Gelatin

Merebus tulang ayam atau unggas lain bisa menjadi sebuah kaldu yang kaya mineral dan gelatin. Makanan kaya gelatin memnyediakan kolagen yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi eksim.

2 dari 5 halaman

Minyak Kelapa

Manfaat kesehatan minyak kelapa telah diketahui bisa digunakan untuk industri kosmetik. Sebagai obat eksim, kamu bisa menggunakannya dengan menggoleskan minyak atau losion kelapa untuk meredakan rasa gatal dan sakit serta memberi efek mendinginkan.

3 dari 5 halaman

Garam Mandi Magnesium

Garam mandi magnesium bisa mempercepat penyembuhan pada area kulit yang terdampak eksim. Menambah secangkir garam epsom atau magnesium serta beberapa sendok makan garam Himalaya dengan air dan gunakan untuk berendam sebagai obat alami eksim.

4 dari 5 halaman

Omega-3

Penelitian pada tahun 2016 membuktikan bahwa asupan suplemen omega-3 bisa membantu mengurangi risiko dan parahnya eksim. Manfaat kesehatan ini muncul dari asam lemak DHA dan EPA.

5 dari 5 halaman

Garam laut Mandi

Garam laut yang mengandung magnesium diketahui bisa membantu mengatasi eksim dalam bentuk basah. Garam laut ini bisa membantu untuk mengeringkan kulit yang mengalami masalah.

Sejumlah bahan alami tersebut bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah eksim yang kamu alami. Selamat Mencoba! [RWP]

Baca juga:
Pil Pengembali Keperawanan Dapat Picu Komplikasi Infeksi yang Bisa Berujung Kematian
Hindari 5 Makanan ini Agar Wajah Selamat dari Jerawat
Sejumlah Penyakit yang Mengintai dari dalam Kolam Renang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini