4 Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kamis, 29 Agustus 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes ilustrasi sayuran. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Ana Blazic Pavlovic

Merdeka.com - Bagi penderita diabetes, makanan dan minuman yang mereka konsumsi bisa sangat menentukan kondisi kesehatan. Mereka harus memilih jenis makanan yang tepat agar tidak mengalami peningkatan gula darah.

Kandungan kalori yang tidak diperhatikan di dalam makanan bisa jadi penyebab gula darahmu meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit lain seperti serangan jantung maupun stroke.

Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang muncul ketika pankreas berhenti memproduksi insulin atau tubuh tak mampu menggunakan insulin yang diproduksi. Insulin sangat penting dalam menyimpan dan mengubah gula menjadi energi.

Penumpukkan gula yang tidak diubah menjadi energi di dalam tubuh ini bisa mengakibatkan masalah pada saraf. Hal ini juga bakal menimpa sejumlah organ tubuh lain seperti ginjal dan mata.

Beberapa faktor seperti tekanan darah tinggi, usia tua, obesitas, genetik, dan sejarah keluarga bisa meningkatkan risikomu mengalami diabetes. Gaya hidup yang tepat bisa menjadi cara untuk menghilangkan segala efek yang berkontribusi terhadap diabetes tersebut.

Pilihan makanan yang tepat terutama berupa buah dan sayur bisa menurunkan risiko diabetes. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

1 dari 4 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan lain sebagainya merupakan sayuran yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jenis sayuran ini sangat menyehatkan dan rendah karbohidrat. Mengonsumsi sayur ini tidak bakal membuat gula darah yang kamu miliki meningkat.

2 dari 4 halaman

Kacang Polong

Selain sayuran hijau, kacang polong juga merupakan sayur yang bisa dikonsumsi dan baik bagi penderita diabetes. Jenis sayur ini bisa membantu mengontrol tingkat gula darah dan mempertahankan kesehatan kardiovaskular.

3 dari 4 halaman

Air Lemon

Campuran buah yaitu lemon dan air bisa membantu menjaga kadar gula darah. Air lemon bisa membantu menjaga asupan air di dalam tubuh. Kandungan serat larut di dalamnya juga bantu menjaga tingkat kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

4 dari 4 halaman

Berri-Berrian

Buah berjenis berri cenderung memiliki rasa manis dengan indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah ini juga bisa membantu mengontrol porsi makan yang kamu miliki.

Sejumlah buah dan sayur tersebut bisa jadi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes. Konsumsi makanan tersebut untuk menjaga kesehatan dengan cara yang tepat. [RWP]

Baca juga:
Porsi Makan Tepat Menjadi Cara Sempurna untuk Kendalikan Kadar Gula Darah
Penderita Diabetes Dianjurkan untuk Menghindari Olahraga Angkat Beban
Kenali Perbedaan Tipe 1 dan 2 Diabetes untuk Ketahui Cara Mengontrolnya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini