3 Jenis kanker kulit yang paling umum

Selasa, 24 April 2012 19:00 Reporter : Rizqi Adnamazida
3 Jenis kanker kulit yang paling umum Kaki wanita, salah satu bagian tubuh yang sering terserang kanker kulit melanoma. merdeka.com/uspeikupit.ru

Merdeka.com - Menurut situs Mayo Clinic, kanker kulit disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal pada kulit. Hal ini biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari yang terlalu sering. Berikut ini ada tiga jenis kanker kulit yang paling sering menyerang manusia seperti yang dilansir dari Live Strong (24/04).

Basal cell carcinoma
Para ahli dari American Cancer Society menyebutkan bahwa kanker ini menyerang sel pada bagian bawah epidermis kulit. Kanker basal cell carcinoma disebabkan karena kulit yang sering terkena sinar matahari. Meskipun pertumbuhan sel kankernya lambat, namun membiarkannya tidak diobati bisa menyebabkan kanker menyebar ke bagian kulit yang lain dan juga sampai ke tulang.

Squamos cell carcinoma
Selain disebabkan karena paparan sinar matahari, kanker jenis ini juga bisa disebabkan karena luka pada kulit. Menurut situs Mayo Clinic, kanker squamos cell carcinoma agak sedikit lebih berbahaya daripada basal cell carcinoma sebab pertumbuhan sel kankernya lebih cepat menyebar.

Melanoma
Melanoma adalah jenis kanker yang menyerang sel kulit melanocytes yang memproduksi melanin pigmen. Kanker kulit yang satu ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh, meskipun lebih sering ditemukan pada dada dan punggung pria atau lengan dan kaki wanita. Wajah dan leher pun bisa terserang melanoma. Meskipun kasusnya lebih jarang daripada basal cell dan squamos cell, namun pengobatan yang terlambat bisa berakibat mematikan bagi penderita melanoma.

Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda dan selalu jalani pola hidup sehat untuk menghindari jenis-jenis kanker kulit di atas maupun penyakit lainnya.

[riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker Kulit
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini