Sikap Cuek Megawati Ditertawai Surya Paloh

Kamis, 3 Oktober 2019 06:20 Reporter : Mardani
Sikap Cuek Megawati Ditertawai Surya Paloh Megawati dan Surya Paloh di Rakornas PDIP. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Sosok Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ramai menjadi perbincangan publik. Sebabnya, Megawati terlihat cuek terhadap Surya Paloh saat pelantikan anggota DPR periode 2019-2024, Selasa (1/10) lalu.

Dalam sebuah video yang ramai beredar, Megawati tampak cuek melewati momen bersalaman dengan Surya Paloh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Awalnya, Megawati berjalan dengan menyalami sejumlah orang yang dia lewati. Ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memberikan salam di dada dan senyuman yang dibalas senyum dan anggukan kepala oleh Mega.

AHY kemudian menjulurkan tangan ingin menyalami. Namun, Mega tak melihatnya dan menyalami Plt Ketua DPD Golkar Jakarta Rizal Mallarangeng. Namun, ketika melihat Surya Paloh yang berada di sebelah Rizal, Megawati membuang muka. Surya Paloh yang tadinya berdiri pun duduk.

Megawati kemudian kembali senyum dan bersalaman dengan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin yang berdiri di samping Surya Paloh. Selanjutnya Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa juga senyum dan bersalaman dengan Megawati di depan Surya Paloh.

Hubungan Megawati dengan Surya Paloh memang santer dikabarkan merenggang. Disebut-sebut dari persoalan jaksa agung yang dinilai PDIP sewenang-wenang mengancam kader partai lain untuk gabung ke NasDem hingga usai pilpres Paloh mengumpulkan para ketum parpol pendukung Jokowi, terkecuali PDIP.

Alhasil, peristiwa Megawati 'melengos' dari Surya Paloh seakan semakin menguatkan hubungan keduanya sedang kurang baik. Namun, hal ini mendapat sanggahan dari masing-masing pihak.

1 dari 4 halaman

Surya Paloh: Saya Ketawa Saja

Surya Paloh buka suara soal insiden 'dicueki' Megawati. Saat ditanyai tanggapannya oleh para wartawan atas insiden itu, Paloh mengaku hanya tertawa saja.

"Tanggapan saya, saya ketawa saja," kata Surya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10).

Meski begitu, Paloh menegaskan hubungannya dengan Megawati tidak bermasalah. Menurutnya, hubungan mereka sudah terjalin selama 40 tahun. Dia juga mengaku tidak punya masalah personal dengan Megawati.

"Hubungan saya dengan bu Mega, kalau dari saya pasti baik-baik saja lah baguslah mba mega kan sudah 40 tahun, saya berteman," ujar Surya.

"Dari saya tidak ada masalah personal," tegasnya.

Di luar hubungan pribadi dengan Megawati, Surya juga menegaskan hubungan koalisi tetap solid antara Nasdem dengan PDIP.

"Yang saya pahami solid, kalau enggak solid ngapain lagi kita apa yang kita miliki, modal utama adalah soliditas begitu tidak soliditas itu terjaga rusak semuanya," jelas Surya.

2 dari 4 halaman

Cukup Anggukan Kepala, Paloh Tak Kasih Tangan ke Mega

Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan, Megawati menganggukan kepala merespons Surya Paloh. Sama seperti AHY yang juga tidak sempat disalami Mega.

"Kelihatannya karena cukup anggukan kepala, Pak SP kan tidak kasih tangan ke Ibu. Seperti ke AHY juga, Mas AHY kan sudah salam di dada, ketum mengangguk lalu meneruskan ke sebelahnya," kata Eva lewat pesan kepada merdeka.com, Rabu (2/9).

Eva menilai, Megawati sedang gembira menyaksikan pelantikan putrinya, Puan Maharani. Sehingga, Eva yakin Mega tidak sempat punya pikiran negatif terhadap Surya Paloh.

Menurut Eva, hubungan Mega dan Paloh baik-baik saja. Keduanya sama-sama profesional dan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tidak setiap orang bersapanya lewat salaman," katanya.

3 dari 4 halaman

NasDem Berprasangka Baik

Partai NasDem tak ingin peristiwa Megawati 'cueki' Surya Paloh dilebih-lebihkan. Ketua DPP NasDem Martin Manurung meyakini Mega tidak sengaja melewatkan Surya Paloh. Meskipun dalam momen itu, Paloh sudah berdiri, hanya dia orang yang dilewati Megawati. Dalam video itu terlihat, Mega pilih menghadap ke kiri sambil berjalan dan melewati Paloh.

"Enggak usah terlalu dibesar-besarkan lah, yang penting, dan Pak Surya juga kan sudah menunjukkan gesture berdiri kan, Ibu mega pas lihat ke kiri," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/10).

Martin menyatakan, selama ini partainya selalu berprasangka baik kepada siapapun. Termasuk pada momen tersebut.

"NasDem selalu berprasangka baik," kata Martin.

4 dari 4 halaman

PDIP Tegaskan Hubungan Baik-Baik Saja

Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menilai, hal yang wajar Mega melewati beberapa orang saat bersalaman. Sebab, saat itu suasana dalam ruang rapat sangat ramai.

"Ketika dalam komunitas yang banyak orangnya ada yang salaman ada yang tidak itu biasa. Ini kan diframe seakan-akan ada rivalitas antara PDIP dan gitu kan," kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Hendrawan menjelaskan, Mega juga sering melakukan hal semacam itu saat suasana ramai di acara DPP PDI Perjuangan. Sehingga, dia meminta hal itu tidak dipermasalahkan. Dia menegaskan, hubungan Mega dan Paloh masih baik-baik saja. Bahkan masih sempat menghubungi satu sama lain.

"Enggak ada apa-apa, orang lagi jalan dipanggil kanan kiri. Saya juga sering," ucapnya.

[dan]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini