Saksi Prabowo Temukan 5 Karung Amplop Surat Suara Dibuang di Boyolali

Rabu, 19 Juni 2019 21:06 Reporter : Merdeka
Saksi Prabowo Temukan 5 Karung Amplop Surat Suara Dibuang di Boyolali Barang Bukti di Sidang Lanjutan Sengketa Pilpres 2019. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Beti Kristiana, saksi fakta dihadirkan Tim Hukum Pengacara Prabowo-Sandi, mengaku menemukan dugaan kecurangan di Kecamatan Juangi, Boyolali, Jawa Tengah. Temuannya mengungkap ada sebuah amplop berhologram dan bertandatangan yang berfungsi menyimpan surat suara.

"Saya menemukannya menggunung empat sampai lima karung," kata Beti dihadapan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (19/6).

Beti menelusuri temuannya tersebut ke petugas kecamatan setempat, namun dia mendapati informasi bahwa amplop tersebut adalah tumpukan sampah.

"Tumpukan sampah kok sampai berkarung-karung? Lalu saya memungutnya beberapa dan diserahkan ke Seknas Prabowo-Sandiaga," tutur Beti yang mengaku salah seorang relawan independen ini.

Pengakuan Beti lalu dikonfrontir pihak majelis terkait tujuan ke kecamatan tersebut dari lokasi tinggalnya. Diketahui jarak dari rumahnya ke kecamatan terkait berjarak 50 KM dengan lama perjalanan tiga jam.

Beti mengaku mendatangi kecamatan tersebut secara spontan saja dan tidak ada niatan khusus. Kedatangannya juga ditemani empat orang temannya menggunakan sebuah mobil pada 18 April 2019.

KPU akui amplop itu mirip untuk membungkus surat suara. Biasanya, ada keterangan jumlah surat suara di amplop tersebut. Namun yang dibawa sebagai bukti tidak ada tulisan jumlahnya.

Mendengar keterangan Beti, pihak termohon KPU akan mencocokkan temuan amplop terkait. Majelis hakim meminta hal tersebut bisa dibuktikan besok disidang pemeriksaan saksi pihaknya.

"Jadi kami minta besok ini pihak terkait membawa amplop serupa seperti ini untuk membuktikan temuannya," kata Hakim Suhartoyo.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini