Politisi Demokrat: RUU HIP Konspirasi untuk Kuatkan BPIP

Jumat, 26 Juni 2020 23:46 Reporter : Ahda Bayhaqi
Politisi Demokrat: RUU HIP Konspirasi untuk Kuatkan BPIP Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Syarifuddin Hasan menduga RUU Haluan Ideologi Pancasila sebagai konspirasi untuk menguatkan lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Syarief mengatakan, dengan RUU HIP menguatkan kelembagaan BPIP dengan undang-undang. Sebab pembentukan BPIP hanya melalui peraturan presiden.

"Kita ketahui BPIP dibentuk melalui perpres nah mereka mengatakan bahwa kalau dengan Perpres itu tidak kuat sehingga mereka menginginkan melalui UU," katanya dalam webinar, Jumat (26/6).

"Kalau kita liat RUU sepertinya daripada isi RUU sepertiga berisi bagaimana peran dan fungsi BPIP. Saya melihat ternyata ini ada satu konspirasi tertentu," jelas Syarief.

Menurutnya, BPIP tidak perlu diatur dalam undang-undang. Dia mengatakan ada yang tak menghendaki jika BPIP dapat dibentuk dan dibubarkan melalui peraturan presiden.

"Itu dibentuk dan bisa dibubarkan melalui perpres nah itu yang tidak mereka kehendaki," ujarnya.

Lebih lanjut, Syarief bilang ada upaya BPIP menjadi lembaga yang sama dengan DPR untuk melakukan sosialisasi Pancasila.

"Ini ada konspirasi tertentu bahwa kepentingan BPIP menjadi salah satu satu pemikiran mereka sehingga RUU dilanjutkan," ucapnya.

Syarief mengatakan, Partai Demokrat bersikap agar RUU HIP dihentikan dan dihapus dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini