Masinton Soal Capres-Cawapres: Untuk Masyarakat Sipil, You Harus Masuk Partai Politik

Sabtu, 14 Mei 2022 18:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Masinton Soal Capres-Cawapres: Untuk Masyarakat Sipil, You Harus Masuk Partai Politik Masinton Pasaribu. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyebut, siapapun capres atau cawapres yang diusung dalam pemilu harus merupakan kader parpol. Alasannya, agar parpol tidak memberikan tiket kepada oligarki atau pemodal yang ingin mencalonkan diri capres/cawapres.

"Tugas partai politik hari ini harus mampu memotong rantai modus oligarki pemodal yang ingin mendikte partai politik, ini harus dipotong, ini yang bikin rusak negara," ujar Masinton dalam diskusi daring bertajuk Kasak-kusuk Koalisi Partai dan Capres 2024 pada Sabtu (14/5).

"Dia enggak mau berkeringat, enggak membangun partai politik terus dengan duitnya dia merasa bisa dikte, sudah nanti kita beli saja itu partai politik," ujarnya.

Masinton menegaskan, parpol harus menjaga marwah dan kedaulatan partai politik. Masyarakat sipil atau pemodal tidak boleh seenaknya membayar parpol agar bisa didikte.

"Untuk masyarakat sipil you harus masuk partai politik dong, jangan merasa oh gue populer nih, apalagi nebeng fasilitas negara, punya uang nih, terus lu bisa dikte, gak boleh nah ini kita harus menjaga kedaulatan dan marwah partai politik itu," tuturnya.

Dia menegaskan, bahwa parpol jangan menjual tiket untuk oligarki atau pemodal yang bisa mendikte. Partai politik tak boleh jadi partai dagang atau koalisi dagang.

"Kecuali terhadap figur yang berasal dari institusi yang haknya dibtasi UU, misal TNI, Polri kalau dicalonkan masyarakat, parpol boleh akomodasi itu. Tetapi terhadap masyarakat sipil yang ingin dicalonkan, dia harus masuk parpol-lah," jelas Masinton. [eko]

Baca juga:
Melihat Peluang Ganjar-Erick Thohir Diusung Parpol di Pilpres 2024
Golkar-PAN-PAN Berkoalisi, PKS Harap Pemilu 2024 Ada Banyak Capres
Masinton Kritik Menteri Makin Narsis untuk Kepentingan Pilpres 2024
PKS Buka Opsi Usung Anies, Ganjar, Sandiaga dan Prabowo di Pilpres 2024
Menyimak Komunikasi Politik Puan Maharani

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini