Ketua KPU Jawab Johan Budi: Tidak Ada Anggota Lain Terlibat Kasus Wahyu Setiawan

Selasa, 14 Januari 2020 19:11 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ketua KPU Jawab Johan Budi: Tidak Ada Anggota Lain Terlibat Kasus Wahyu Setiawan Ketua KPU Arief Budiman. ©Liputan6.com/Yunizafira Putri

Merdeka.com - Ketua KPU Arief Budiman menegaskan tidak ada anggota KPU lain yang terlibat dalam suap pergantian antar waktu (PAW) calon legislatif PDIP terhadap anggota KPU Wahyu Setiawan. Hal tersebut menjawab peringatan anggota Fraksi PDIP Johan Budi dalam rapat di Komisi II DPR.

"Sampai hari ini kan enggak ada dan kami sudah sampaikan ke publik ke KPK juga gimana kami ambil keputusan untuk hal ini. Yang kemudian disangkakan menjadi perkara kepada Pak Wahyu Setiawan," ujar Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1).

Dia santai menanggapi tudingan Johan Budi. Mantan Jubir KPK itu mengingatkan bisa saja anggota KPU lain terlibat rasuah. Arief menegaskan, kalau memang ada yang terlibat silahkan ditangkap.

"Kalau tidak terlibat jangan dikait-kaitkan, tapi kalau ada yang terlibat silakan ditangkap. Gitu saja," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Arief menegaskan, masalah PAW sudah selesai dalam pleno beberapa waktu lalu. KPU memutuskan tidak dapat memproses permintaan PDIP untuk mengganti Riezky Aprilia dengan Harun Masiku. Di luar proses itu, Arief menegaskan sudah di luar kontrol KPU.

"Dalam surat kami kan sudah jelas bahwa kami sudah menetapkan, dan bahwa kami tidak dapat memproses usulan ini. Itu saja," ucapnya.

KPU, kata Arief, akan lebih hati-hati dan detail dalam proses pengambilan keputusan di masa depan. Dia mengatakan, selama ini KPU mengambil keputusan sesuai prosedur dan diambil dalam pleno yang jumlahnya sudah kuorum.

"Ya mungkin proses-proses pengambilan kebijakan harus dilakukan lebih detil. Ada yang menekan atau tidak," kata dia. [ray]

Baca juga:
Arief Budiman Tegaskan Tindakan Wahyu Setiawan di Luar Kontrol KPU
Ketua KPK Cek Kabar Harun Masiku Sudah Kembali ke Indonesia
Johan Budi ke Ketua KPU: Nanti Ketahuan Siapa Saja yang Bermain
Ketua KPK Tegaskan Tak Ada Penyidik Hendak Ciduk Sekjen PDIP
Bantah Hambat Penindakan KPK, Dewas Tegaskan Dukung Penuh Pemberantasan Korupsi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini