Ketua DPR Minta Masyarakat Setop Sebar Konten Negatif Aksi 22 Mei

Kamis, 23 Mei 2019 21:08 Reporter : Sania Mashabi
Ketua DPR Minta Masyarakat Setop Sebar Konten Negatif Aksi 22 Mei Rapat Paripurna. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan konten negatif serta berita bohong atau hoaks terkait aksi 22 Mei kemarin. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mencegah masyarakat lainnya mempercayai berita yang tidak benar.

"Masyarakat untuk tidak menyebarkan konten-konten negatif yang bersifat provokatif seperti berita hoaks atau ujaran kebencian," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/5).

Menurut Bamsoet, masyarakat harus meningkatkan literasinya pada media massa, terutama media sosial. Mulai dari seperti memperhatikan judul atau sumber berita tersebut.

"Seperti dengan lebih memperhatikan judul, alamat situs atau sumber berita, data yang disebutkan, keaslian video dan foto, dan legitimasi konten dari berita terkait," ungkapnya.

Terkait pembatasan penggunaan media sosial dari pemerintah, Politikus Partai Golkar ini meminta masyarakat untuk tidak panik. Serta pemerintah didesak juga untuk segera memulihkan pembatasan itu.

"Mendorong pemerintah mempertimbangkan untuk dapat segera mencabut pembatasan penggunaan media sosial, mengingat media sosial merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi," ucapnya.

Diketahui, sejak Rabu (22/5) media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp tidak bisa diakses secara maksimal. Hal ini terjadi karena adanya aksi 22 Mei yang berlangsung ricuh. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini