Kemendagri tak hadir, Komisi II batal bahas persiapan Pilpres 2019

Senin, 16 April 2018 17:31 Reporter : Merdeka
Kemendagri tak hadir, Komisi II batal bahas persiapan Pilpres 2019 Zainuddin Amali. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak pemerintah yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) batal diselenggarakan.

Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali mengatakan penundaan tersebut diakibatkan salah satu pihak tidak menghadiri rapat tersebut. Sebab dalam rapat ini harus mendapatkan persetujuan dari semua pihak.

"Ada salah satu pihak yang tidak hadir, itu tidak mungkin kami teruskan rapatnya karena itu harus persetujuan. Kalau salah satu enggak ada, enggak mungkin diteruskan," kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Bahkan, kata dia, untuk penundaan tersebut belum diketahui hingga kapan akan diselenggarakan kembali.

Sementara itu di lokasi yang sama, Anggota Komisi II DPR, Firman Soebagyo menyebut pihak pemerintah terkesan tidak serius dalam pembahasan aturan penyelenggaraan Pemilu 2019. Padahal ini merupakan penyelenggaraan Pemilu pertama kali yang dilakukan serentak untuk memilih anggota legislatif, presiden dan wakil presiden.

"Saya lihat bahwa akhir-akhir ini Kemendagri tidak serius hadir, yang hadir hanya wakilnya saja, misalnya staf ahli," kata Firman.

Politisi Golkar ini hanya mengkhawatirkan penundaan pembahasan dua peraturan KPU (PKPU) dapat mempengaruhi tahapan Pemilu. PKPU yang rencananya dibahas yakni mengenai larangan calon anggota legislatif atau caleg dari mantan narapidana korupsi dan pencalonan capres-cawapres.

"Harusnya hari ini selesai, lalu bisa dilanjutkan tahapan selanjutnya. Kalau hari ini tidak selesai iya terhambat, belum lagi sosialisasi ke masyarakat dan KPU tingkat daerah, maka Kemendagri harus menghargai proses ini," jelas Firman.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini