Jokowi harus tunjuk aktor politik di belakang demo 4 November

Sabtu, 5 November 2016 22:04 Reporter : Ira Astiana
Jokowi harus tunjuk aktor politik di belakang demo 4 November Pendemo Ahok merangsek masuk Jalan Merdeka utara. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Aksi unjuk rasa besar-besaran menuntut penegakan hukum terhadap Gubernur non aktif DKI Basuki Tjahaja Purnama berakhir ricuh di sekitar Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Presiden menyebut ada aktor politik yang menunggangi aksi demonstrasi.

Sebelum berlangsung aksi demo 4 November, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tiba-tiba menggelar konferensi pers. SBY marah lantaran ada yang menudingnya sebagai penggerak massa aksi. Lalu dikaitkan dengan aktivitas politik putra SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono yang tengah bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta.

Tim pemenangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni, Imelda Sari ikut angkat bicara terkait pernyataan Presiden Jokowi semalam. Lebih baik Presiden Joko Widodo menunjuk aktor intelektual yang dimaksud.

"Kalau memang ada (aktor politik) harus disebut dan dijelaskan siapa yang dimaksud," ujar Imelda dalam diskusi Radio Elshinta bertajuk 'Kampanye Bersih di DKI' di Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11).

Imelda tidak melihat muatan politis di balik aksi demo 4 November. Dia mengaku terjun langsung dan berbicara dengan para pendemo mengenai tujuan mereka melakukan aksi.

"Kita lihat dengan mata kepala sendiri ratusan ribu orang yang mengikuti demo. Saya bahkan sudah bicara dengan beberapa pendemo. Mereka tuntutannya sudah jelas. Hanya saja sikap pemerintah yang perlu disayangkan."

Jokowi menjadi sasaran aksi demo lantaran tidak menerima perwakilan massa. Menurutnya, seandainya Jokowi cepat tanggap dan mau merespon permintaan masyarakat, maka kericuhan tidak akan terjadi.

"Saya pikir publik sudah bisa menilai. Kalau saja tuntutan mereka direspons cepat maka persoalannya tidak akan berlarut-larut hingga sekarang."

Kendati demikian, Imelda tetap mengapresiasi presiden yang telah mau menyampaikan sikap. Dia juga mengapresiasi aparat keamanan yang telah mengerahkan kemampuan dan tenaga agar demo berjalan tertib. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini