Hasrat Politik Gibran Rakabuming Jadi Wali Kota Solo Ikuti Jejak Jokowi

Senin, 28 Oktober 2019 06:00 Reporter : Syifa Hanifah
Hasrat Politik Gibran Rakabuming Jadi Wali Kota Solo Ikuti Jejak Jokowi Gibran Rakabuming di Jalan Teuku Umar. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka serius untuk terjun ke dunia politik. Bahkan ia tertarik untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Solo tahun 2020 mendatang.

Untuk memuluskan langkahnya, Gibran sowan ke Megawati Soekarnoputri untuk meminta restu maju ke Pilkada Solo sebagai calon wali kota Solo.

Apakah Gibran akan mengikuti jejak sang ayah menjadi wali kota Solo? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Resmi Jadi Kader PDIP

Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi kader PDIP setelah mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Gibran tak menampik jika membuat KTA untuk memenuhi persyaratan pendaftaran bakal calon wali kota Solo.

"Iya, sesuai arahan dari partai, saya bikin KTA dulu. Nanti mendaftarnya lewat PAC Banjarsari, sesuai domisili saya. Nanti sesuai arahan akan saya tanyakan ke pak Putut (Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Solo Putut Gunawan)," kata Gibran di Kantor DPC PDIP Kota Solo, Senin (23/9).

2 dari 4 halaman

Gibran Tegaskan Solo Butuh Sentuhan Anak Muda

Setelah memiliki KTA PDIP, Gibran Rakabuming Raka mantap maju di Pilkada Solo. Alasan ingin maju dalam Pilkada menurutnya Solo butuh sentuhan anak muda seperti dirinya.

"Ini tadi kan ada sedikit kesalahan teknis ya. Makanya kemarin apa yang saya tekankan ke Pak Rudy (Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo) itu adalah sentuhan anak muda," katanya, Senin (23/9).

Gibran mengaku kebetulan mempunyai perusahaan IT (Teknologi Informasi), perusahaan digital. Jika diperlukan untuk PDIP, ia bersedia memberikan bantuan.

"Saya siap bantu kalau diperlukan. Yang anak muda nunggu arahan dari para senior saja," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Bertemu Megawati

Gibran semakin serius untuk terjun ke dunia politik dan maju di Pilkada Solo. Keseriusannya ditandai dengan dirinya yang menyambangi rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Kamis, (24/10).

"Silahturahmi ke Bu Mega. Di Solo kan saya sudah mengambil KTA, KTA PDIP, ya sudah sewajarnya saya sowan dan silahturahmi ke senior-senior, petinggi-petinggi PDIP. Kalau di Solo kan saya sudah sowan ke Pak Rudi (FX Rudi) dan sudah sowan ke senior-senior PDIP dan hari ini saya berkesempatan silahturahmi ke Bu Mega," kata Gibran usai bertemu dengan Megawati, Jakarta, Kamis (24/10).

Dia menuturkan, banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya soal keadaan Solo hari ini. Gibran juga tak menepis membicarakan soal keinginannya untuk maju, meskipun tak menjelaskan bagaimana respons Megawati.

"Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju," ungkap Gibran.

4 dari 4 halaman

Bertemu Megawati, Gibran Diduga Melangkahi DPC

Langkah Gibran Rakabuming Raka menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait Pilkada Solo, tidak membuat pasangan bakal calon Achmad Purnomo-Teguh Prakosa panik.

Apa yang dilakukan putra sulung Presiden Jokowi tersebut dianggap sebagai tindakan yang wajar. Wakil Wali Kota Solo itu mengaku tidak akan ikut-ikutan. Seperti diketahui DPC PDIP Kota Solo mengusung pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa dalam Pilkada 2020 mendatang.

"Saya tidak akan meniru cara Gibran. Saya tidak mau melangkahi DPC untuk menemui Ketua Umum PDIP," ujar Purnomo, Jumat (25/10).

Purnomo mengatakan, dia dan Teguh ditugaskan oleh DPC. Sehingga tetap berkoordinasi dan menunggu perintah DPC. Apalagi selama ini Ketua DPC tidak pernah memintanya menemui Megawati.

"Pertemuan Gibran dengan Bu Mega adalah hal yang biasa, itu hak siapa saja. Saya tidak merasa dilangkahi oleh Gibran," terangnya.

Purnomo juga tidak mau berandai-andai soal rekomendasi yang akan dikeluarkan Ketua Umum DPP PDIP. Apapun hasilnya, dikatakannya, akan mengikuti perintah DPC PDIP Solo yang menugaskannya.

"Apa yang terjadi silakan terjadi. Kalau disetujui jalan terus, enggak disetujui ya saya serahkan lagi ke DPC yang menugaskan saya. Nanti ditugasi apa lagi saya ikut," ucapnya. [dan]

Baca juga:
Jadi Pembicara di Ponpes Solo, Gibran Hadiahi Santri Baju Bergambar Jokowi-Prabowo
Relawan Sebut Gibran 'Gigih-Berani'
Gibran Bermanuver Temui Megawati, Purnomo Tidak Mau Ikut-ikutan
Gibran Bermanuver Temui Megawati, FX Rudy Susul ke Jakarta
Sudah Ada Calon, PDIP Solo Tunggu Keputusan Mega Terkait Gibran di Pilkada Solo

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini