Hasil Survei Charta Politika: Prabowo Subianto Unggul di Sumsel

Rabu, 6 Juli 2022 15:34 Reporter : Yunita Amalia
Hasil Survei Charta Politika: Prabowo Subianto Unggul di Sumsel Prabowo Subianto. ©2022 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei preferensi sosial dan politik masyarakat Sumatera Selatan. Dalam survei tersebut, Charta Politika menyuguhkan elektabilitas calon presiden dan wakil presiden untuk 2024. Dari hasil survei tersebut nama populer seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan masih masuk dalam lima teratas dari survei yang dilakukan Charta Politika.

Dalam survei tersebut, responden ditanya jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, siapa yang akan dipilih? Nama Prabowo Subianto kemudian muncul di urutan pertama dengan perolehan suara 41,9 persen. Posisi kedua diraih oleh Anies Baswedan dengan 19,4 persen, disusul Ganjar Pranowo dengan 16,1 persen, Sandiaga Uno 7,5 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan raihan 3,5 persen.

Dala survei juga menyuguhkan sosok calon Wakil Presiden terhadap responden. Ada lima teratas mendapat suara terbanyak dari responden, mereka adalah;

Sandiaga Salahudin Uno dengan perolehan suara 38,8 persen, disusul oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 9,1 persen, posisi ketiga diraih oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 6,3 persen, kemudian Erick Thohir 5,5 persen, dan Puan Maharani 5,0 persen.

"Prabowo Subianto sangat mendominasi pilihan publik Sumatera Selatan sebagai calon Presiden. Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," demikian keterangan survei.

Selain itu, PDIP meraih perolehan suara tertinggi masyarakat Sumatera Selatan sebesar 21,5 persen, disusul partai besutan Prabowo Subianto, Gerindra yang meraih 19,0 persen, kemudian Golkar 10,4 persen. Posisi keempat diisi oleh Demokrat dengan raihan 7,8 persen, dan posisi kelima diisi oleh NasDem 6,6 persen.

"Pada pilihan partai politik, sampai dengan saat periode dilakukan PDIP, Gerindra, Golkar,
Demokrat, dan Nasdem menjadi 5 partai politik tertinggi pilihan publik," demikian kesimpulan survei.

Adapun survei dilakukan dalam kurun 2-7 Juni 2022. Metodologi survei yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei melibatkan 800 responden per provinsi melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur.

Baca juga:
PKS Tak Merasa Ditinggalkan PKB: Biasa yang Bertepuk Sebelah Tangan
Poros Ketiga Dinilai Sulit Terbentuk, Prabowo-Surya Paloh-SBY Tak Ada yang Mau Ngalah
KIB Dapat Suara Tertinggi dari Pengguna Medsos, Kalahkan PDIP dan Gerindra-PKB
Prabowo
Prabowo
Saling Sindir Demokrat-PPP saat Debat soal RKUHP sampai Bawa-Bawa KIB
PKS Berencana Bertemu NasDem Lagi: Semoga Taaruf Kita Makin Kuat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini