Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu Diumumkan 1 Juni

Jumat, 31 Mei 2019 22:26 Reporter : Merdeka
Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu Diumumkan 1 Juni Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima hasil audit laporan dana kampanye (LDK) peserta pemilu dari Kantor Akuntan Publik, Jumat (31/5). Dalam dua hari ke depan KPU akan mengumumkan hasil audit LDK via situs resmi KPU.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, Jumat (31/5) merupakan batas akhir bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk menyampaikan hasil audit. Setelah menerima laporan tersebut, KPU akan mengunggah hasil audit dana kampanye besok, Sabtu (1/6).

"Karena audit LDK baru diserahkan hari ini, maka tim di peserta KPU akan me-resume semua hasil auditnya seperti apa, nanti akan dilaporkan kepada publik melalui website," katanya di kantor KPU, Jumat (31/5).

Selain itu, KPU juga akan menyampaikan hasil audit kepada peserta Pemilu. Di mana peserta Pemilu adalah pasangan calon presiden dan 16 partai politik.

Hasyim menjelaskan, audit yang dilakukan KAP bertujuan menentukan kepatuhan dana kampanye para peserta pemilu.

"LDK itu harus jelas sumbernya, tidak boleh berasal dari sumber sumber terlarang, kemudian kalo ada sumbangan dari pihak lain, itu juga sumbangannya harus sesuai dengan batasan-batasan yang ditentukan. Apakah ada sumbangan yang melampaui batas atau tidak itu dilihat kepatuhannya," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini