Gibran-Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, Jokowi Persilakan Terjun ke Politik

Jumat, 26 Juli 2019 17:07 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gibran-Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, Jokowi Persilakan Terjun ke Politik Jokowi dan keluarga ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo, pada Pilkada 2020 berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo. Presiden Jokowi pun mengaku sudah mengetahui kabar dua putranya yang masuk kandidat.

"Tadi saya baca hasil survei ya saya senang saja. Mereka anak mandiri, mau jual pisang silakan, mau jual martabak, mau terjun politik silakan," kata Jokowi sebelum menghadiri acara pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN) di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

Sebagai orangtua, Jokowi bakal mendukung apapun keputusan dua putra nya itu. Mau tetap jualan atau terjun politik. "Orangtua biasanya kalau sudah diputuskan, anak-nak jualan pisang saya dukung, martabak saya dukung," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, kakak beradik tersebut masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

"Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis (26/7).

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 diantaranya 766 responden mengenai Gibran. Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

"Angka 90 persen juga muncul saat responden ditanya apakah mengenal Achmad Purnomo (Wakil Wali Kota Solo)," katanya.

Sementara itu berdasarkan kategori akseptabilitas, nama Achmad Purnomo mendapatkan prosentase tertinggi yakni 83 persen. Artinya 83 responden yang diuji sepakat jika Wakil Wali Kota itu menjadi Wali Kota Solo.

"Pada urutan kedua ada Gibran dan Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa. Pada kategori ini, Kaesang ada di urutan keempat," terangnya.

Sedangkan dari segi elektabilitas, dikatakannya, Achmad Purnomo mendapatkan prosentase tertinggi, 38 persen. Disusul Gibran dengan 13 persen, Teguh Prakosa 11 persen dan Kaesang 1 persen. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini