Fahri Hamzah: Pak Bambang Soesatyo memang sudah kaya sejak awal

Jumat, 19 Januari 2018 15:41 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Fahri Hamzah: Pak Bambang Soesatyo memang sudah kaya sejak awal Golkar tunjuk Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membela koleganya Bambang Soesatyo soal koleksi mobil, motor, jet pribadi serta gaya hidupnya yang tergolong mewah. Sepengetahuan Fahri, Bamsoet sapaan akrab Bambang memang sudah memiliki banyak uang sejak lama.

"Publik harus diberi tahu bahwa Pak Bambang itu memang sudah kaya sejak awal. Dan saya dengar itu foto-fotonya, foto-foto lama," kata Fahri saat dihubungi, Jumat (19/1).

Menurutnya, keterbukaan soal kehidupan Bamsoet merupakan hal positif. Dia menilai, keterbukaan yang Bamsoet lakukan karena latarbelakangnya sebagai mantan wartawan.

"Dan tidak ada salah menjadi mantan orang kaya atau bekas orang kaya, karena justru yang masalah adalah orang yang miskin lalu menjadi kaya karena kekuasaan," ujarnya.

Untuk itu, Fahri menyarankan, Bamsoet untuk menjadi diri sendiri dan tidak berubah hanya karena tengah disorot oleh publik.

"Dan dia harus tegar terutama dalam memimpin DPR ini, kan kelihatan juga masyarakat lihat pemimpin yang tegar, tidak mudah goyang," imbuh Fahri

"Saya mengharapkan Pak Bambang tidak perlu berubah, yang penting dia tetap terbuka dan sadar bahwa sebagai pejabat publik memang kita selalu dalam sorotan," sambungnya.

Menurut data LHKPN tahun 2016, Bambang Soesatyo memiliki kekayaan senilai Rp62.741.853.941 dan USD 211.026.

Kekayaan Bamsoet meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2010. Dalam LHKPN tahun 2010, kekayaan Bamsoet tercatat Rp24.116.034.728 dan USD 20.095.

Naiknya kekayaan Bambang paling banyak bersumber dari Tanah dan Bangunan. Pada tahun 2010 jumlah harta tak bergerak (tanah dan bangunan) milik Bambang hanya Rp 8,7 miliar. Enam tahun kemudian, nilai tanah dan bangunan itu naik menjadi Rp 38,7 miliar.

Dalam laporan harta kekayaan itu, Bambang tercatat memiliki sejumlah mobil mewah yang nilainya mencapai Rp18 miliar, di antaranya, dua motor Harley Davidson, mobil Hummer H2, Land Rover, Toyota Vellfire, Bentley, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferari California, Rolls Royce, Mercedez Benz, Toyota Fortuner. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini