Fadli Zon Setuju Perbaiki Gaji Guru, Tapi Harus Sesuai Kemampuan APBN

Jumat, 23 November 2018 00:35 Reporter : Sania Mashabi
Fadli Zon Setuju Perbaiki Gaji Guru, Tapi Harus Sesuai Kemampuan APBN Fadli Zon di Diskusi Ancaman Hoax dan Keutuhan NKRI. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon setuju dengan prinsip untuk memperbaiki gaji guru. Namun, kata dia, kenaikan gaji itu harus disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Prinsipnya memperbaiki gaji guru itu kita setuju tapi harus sesuai dengan kemampuan APBN kita juga tidak bisa menjanjikan dengan mudah, dengan serampangan seolah-olah semua bisa dilakukan tapi kenyataannya tidak bisa," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11).

Menurutnya, kenaikan gaji guru harus dilakukan secara terukur dan bukan hanya profesi guru tetapi juga profesi lainnya.

"Tapi prinsipnya remunerasi guru itu penting diperbaiki bukan hanya guru tapi profesi lain," ungkapnya.

Sedangkan terkait ucapan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Mardani Ali Sera tentang peningkatan kualitas pendidikan dengan kenaikan gaji guru menjadi Rp 20 juta Fadli enggan ambil pusing. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai pernyataan tersebut hanya sekadar usul biasa.

"Iya kan itu biasa-biasa saja ada usulan individu bukan usulan yang dirapatkan dan sah-sah saja," ucapnya.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tak mau muluk-muluk untuk menaikkan gaji guru. Prabowo berkaca dari keuangan negara yang dinilainya bengkak dan ekonomi Indonesia yang belum membaik.

"Kenaikan ini, uang itu, uang darimana begitu loh. Kita terus berlaku," ujar Prabowo di Hotel Shangrilla, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Mantan Danjen Kopassus yang ingin membuat gebrakan yang nyata untuk Indonesia dan tidak mau dicap sebagai pembual.

"Setiap hari kewajiban kita sebesar Rp 1 triliun, sehingga Anda tahu bahwa ini, janji itu kan saya bohong kepada rakyat," kata Prabowo Subianto. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini