Fadli Zon Dorong Pembentukan Pansus Jiwasraya di DPR

Jumat, 27 Desember 2019 23:05 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fadli Zon Dorong Pembentukan Pansus Jiwasraya di DPR Wakil Ketua DPR Fadli Zon. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Waketum Gerindra Fadli Zon menilai, gagal bayar asuransi Jiwasraya merupakan skandal besar yang harus dituntaskan. Karenanya, dia meminta fraksi di DPR untuk membentuk panitia khusus (Pansus).

"Karena ini bisa menjadi satu gate atau skandal yang mungkin terbesar yang pernah ada. Jadi harus diinvestigasi tuntas. Saya sih berharap mudah-mudahan ada Pansus Jiwasraya di DPR tergantung fraksi-fraksi yang ada mungkin perlu disusun dulu drafnya," ujar Fadli di kawasan Pancoran, Jakarta, Jumat (27/12).

1 dari 2 halaman

Fadli mengatakan, selain Pansus itu juga perlu ditangani secara hukum oleh pihak kejaksaan, polisi atau KPK.

Dia menyebut, Pansus ini diperlukan karena ada urgensinya. Angka kerugiannya, lebih besar dari kasus Bank Century.

"Ini lebih besar dari Century. Ini di atas Rp10 triliun jadi menurut saya sangat wajar jika dibentuk Pansus Jiwasraya, Jiwasraya Gate," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Fadli juga mengatakan tidak perlu lempar tanggung jawab dengan menyalahkan pemerintah masa lalu. Dia menduga Presiden Joko Widodo mendapatkan masukan yang keliru.

"Mungkin Pak Jokowi mendapatkan masukan yang kurang tepat atau salah dari anak buahnya. Jadi bisa menyesatkan. Lebih bagus fokus menyelesaikan masalahnya dimana," ucapnya.

Diketahui, Jiwasraya tak sanggup memenuhi kewajiban pembayaran yang mencapai Rp12,4 triliun. Kejaksaan Agung pun tengah menyelidiki kasus ini. Diduga ada kerugian negara mencapai Rp13 triliun. [rnd]

Baca juga:
SBY dan Jokowi Disarankan 'Ngeteh' Bareng Bahas Jiwasraya
Benang Kusut Jiwasraya Hingga Jokowi dan SBY Adu Komentar
Istana: Presiden Jokowi Tidak Menyalahkan Siapa-siapa atas Kasus Jiwasraya
Imigrasi: Mantan Dirut dan Eks Dirkeu Jiwasraya Dicekal ke Luar Negeri
Kasus Jiwasraya, PPP Minta Jokowi Tak Diadu Domba dengan SBY

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini