Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR Perwakilan DPD

Rabu, 2 Oktober 2019 23:27 Reporter : Sania Mashabi
Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR Perwakilan DPD fadel muhammad. ©2018 Merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah memilih Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR perwakilan dari DPD. Hal itu, disepakati dalam rapat pleno DPD di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/9).

Fadel yang berasal dari wilayah timur I dipilih melalui sistem voting. Dalam pemilihan Fadel berhasil mengalahkan GKR Hemas, Yorrys Raweyai dan Dedi Batubara.

Hasilnya, Fadel mendapatkan 59 suara, Yorrys 16 suara, Dedi 5 suara, GKR Hemas 46 suara. Total surat suara sebanyak 126 dari 136 anggota DPD yang dilantik. Nama Fadel langsung disahkan dalam rapat pleno DPD.

"Menetapkan saudara Fadel Muhammad sebagai Pimpinan MPR dari unsur DPD RI apa bisa kita setujui?," kata Pimpinan Rapat Pleno Abraham Paul Lianto.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Sebelum melakukan voting, wilayah Timur I, Timur II, Barat I dan Barat II sudah melakukan diskusi untuk musyawarah mufakat. Hasilnya memunculkan empat nama calon yang akan divoting.

Setelah diskusi masih ada beberapa pihak yang mempermasalahkan tidak ingin voting, atau jika ingin voting baiknya dibuka untuk semua pihak dan tidak ditentukan perwilayah.

Nantinya nama Fadel akan dibawa ke rapat gabungan bersama MPR dan DPD besok (3/10). Rapat rencananya akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini