Empat menteri ini sudah kantongi restu Jokowi untuk maju menjadi Caleg 2019

Rabu, 18 Juli 2018 18:00 Reporter : Achmad Fajar Muzakki
Empat menteri ini sudah kantongi restu Jokowi untuk maju menjadi Caleg 2019 Caleg 2019. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Selain pemilihan presiden, ada lagi pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang. Yaitu pemilihan Calon Legislatif atau Caleg. Dan di hari terakhir pendaftaran nama Caleg yang akan maju, beberapa Parpol berbondong-bondong mencalonkan calonnya.

Mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sosial (PKS), Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Berkarya yang mengajukan para calonnya dalam pemilihan Caleg 2019.

Caleg 2019 ©2018 liputan6.com

Sejumlah partai tersebut mengusung nama caleg yang beragam. Mulai dari kalangan biasa hingga menteri di kabinet pemerintahan Jokowi-JK.

Istana pun merespons. Jokowi disebut telah memberikan restu kepada pembantunya tersebut untuk jadi caleg di 2019. Siapa sajakah mereka?


1. Puan Maharani


Caleg 2019 ©2018 liputan6.com

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Eriko Sotarduga, suara Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani di daerah pilihannya di Solo sangat besar. Jumlahnya sekitar 400 ribu lebih.

Keikutsertaan Puan dalam Pemilu Legislatif 2019 sebelumnya telah diungkapkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai melakukan pendaftaran bakal caleg PDIP di KPU RI.


2. Lukman Hakim


Caleg 2019 ©2018 liputan6.com

Menteri Agama Lukman Hakim didaftarkan sebagai calon legislatif dari PPP. Dia maju di dapil Jawa Barat VI Bekasi Kota dan Depok.

Sekjen PPP Arsul Sani menuturkan, Menteri Lukman baru memutuskan menjadi caleg setelah mendapat restu dari Presiden Jokowi. Lukman Hakim mendaftar ke KPU, pada Selasa malam, 17 Juli 2018.


3. Asman Abnur


Caleg 2019 ©2018 liputan6.com

Sementara itu, PAN mendaftarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur sebagai caleg 2019. Dia didaftarkan maju sebagai caleg dari Kepulauan Riau.

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengaku, partai berlambang matahari putih ini telah mendaftarkan 575 calon legislatif DPR RI di 80 dapil ke kantor KPU. Pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman.


4. Yasonna Laoly


Caleg 2019 ©2018 liputan6.com

Selain Puan Maharani, menteri dari PDIP lainnya yang melaju jadi caleg di Pemilu 2019 adalah Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, keduanya telah dikonsultasikan dengan Presiden Jokowi dan telah melalui pertimbangan dari berbagai aspek. Hasto menambahkan, rencananya bukan hanya kedua menteri tersebut yang akan dicalonkan, tapi ada tujuh orang.

Meskipun telah memberikan restunya kepada para menteri yang akan mencalonkan dirinya menjadi Caleg 2019, Presiden Jokowi tetap menghimbau supaya mereka tetap memprioritaskan pekerjaannya terlebih dahulu. Kita pun tentu berharap kalau mereka yang akan terpilih nanti bisa menjadi penyalur aspirasi masyarakat baik.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini