DPW DIY Nilai Desakan 5 Pendiri PAN ke Amien Rais Upaya Memecah Kesolidan

Rabu, 26 Desember 2018 19:38 Reporter : Purnomo Edi
DPW DIY Nilai Desakan 5 Pendiri PAN ke Amien Rais Upaya Memecah Kesolidan Amien Rais di Sleman. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak agar Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mengundurkan diri dari jabatannya. Desakan ini karena para pendiri PAN menganggap manuver politik yang kerap dilakukan Amien Rais tak sejalan dengan komitmen pendirian PAN.

Desakan agar Amien Rais ini mengundurkan diri dibuat oleh lima tokoh dan penggagas PAN lewar surat terbuka yang dibuat pada Rabu (26/12). Kelima tokoh itu adalah Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty dan Zumrotin.

Menanggapi surat terbuka ini, Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin menilai hal tersebut menjadi indikasi adanya pihak luar yang ingin memecah belah PAN di Pemilu 2019.

"Surat terbuka itu hanyalah upaya untuk memecah kesolidan PAN menghadapi Pileg dan Pilpres. Jajaran pengurus dan kader PAN DIY sama sekali tidak terpengaruh dengan manuver politik dari pihak-pihak yang mengatasnamakan pendiri PAN, meminta Ketua Dewan Kehormatan Prof Dr Amien Rais untuk mengundurkan diri," ujar Nazaruddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/12).

Nazaruddin menyebut jika pihaknya memahami di balik surat terbuka dari para pendiri PAN itu, adalah manuver politik dari para pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 01 yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin. Nazaruddin menyebut jika Goenawan Mohammad dan Abidillah Toha merupakan pendukung capres dan cawapres nomor urut 01.

"Goenawan Mohamad itu secara terbuka sudah menyatakan diri mengundurkan diri dari PAN. Sehingga aneh dan tidak logis kalau sekarang bermanuver memakai baju PAN," urai Nazaruddin.

Nazaruddin menambahkan jika segenap kader PAN DIY tetap solid mendukung Amien Rais. Kader PAN DIY, kata Nazaruddin juga mendukung penuh langkah politik Ketum PAN, Zulkifli Hasan dan Sekjen Edie Suparno untuk mendukung dan memenangkan pasangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

"Jajaran pengurus dan kader PAN DIY sepenuhnya kompak mendukung dan percaya terhadap langkah-langkah dan keputusan politik yang diambil oleh Ketua Dewan Kehormatan, Prof Dr Amien Rais dan di bawah kepemimpinan Ketum PAN, Zulkifli Hasan dan Sekjen Edie Suparno untuk mendukung dan memenangkan pasangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019," tutup Nazaruddin. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini