Arief Budiman Tegaskan Tindakan Wahyu Setiawan di Luar Kontrol KPU

Selasa, 14 Januari 2020 17:57 Reporter : Ahda Bayhaqi
Arief Budiman Tegaskan Tindakan Wahyu Setiawan di Luar Kontrol KPU KPU Raker dengan DPR. ©2020Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan, proses pengambilan keputusan dalam pleno oleh anggota KPU. Arief mengatakan, semua anggota KPU dapat menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan.

Hal tersebut menanggapi cecaran Komisi II DPR saat rapat kerja bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP. KPU dicecar terkait masalah suap pergantian antar waktu (PAW) caleg PDIP yang melibatkan anggota KPU Wahyu Setiawan.

"Jadi keputusan yang diambil dalam pleno semua bisa ikut memberikan pendapat dan semua ikut mengambil keputusan," ujar Arief di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/1).

"Jadi bukan cuma menyangkut proses PAW ini saja, tetapi terhadap seluruh tahapan kita lakukan hal yang sama," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Arief menegaskan, peristiwa yang menimpa koleganya tidak ada kaitan dengan lembaga. Wahyu, kata Arief, sudah menegaskan kasus suap tersebut merupakan persoalan pribadi.

"Yang berikutnya kita tegaskan, saya pikir pak Wahyu Setiawan telah memberikan statement bahwa ini persoalan pribadi bukan persoalan institusi, karena secara institusi KPU juga sudah mengambil kebijakan, kebijakannya sudah kami komunikasikan," kata dia.

Arief mengatakan, terkait masalah di luar pleno sudah tidak dalam kontrol KPU. Dalam rapat pleno, semua anggota telah sepakat tidak menerima permintaan PDIP mengganti Riezky Aprilia dengan Harun Masiku yang jadi tersangka penyuap.

"Jadi semua sudah menyatakan pendapat dan kita sepakat mufakat kebijakan ya ini begitu di luar melakukan hal lain, itu kan sudah di luar kontrol kami. Kontrol kami adalah ketika kami mengambil keputusan secara kolektif kolegial," tegasnya. [rnd]

Baca juga:
Ketua KPK Tegaskan Tak Ada Penyidik Hendak Ciduk Sekjen PDIP
Johan Budi ke Ketua KPU: Nanti Ketahuan Siapa Saja yang Bermain
Bantah Hambat Penindakan KPK, Dewas Tegaskan Dukung Penuh Pemberantasan Korupsi
Jika Diminta KPK, Polri Siap Bantu Pemulangan Harun Masiku ke Indonesia
PDIP Sebut Isu Hasto Kristiyanto Tunggu Harun Masiku di PTIK Cerita Bohong
DKPP: Peradilan Etik Terkait Wahyu Setiawan Tetap Jalan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini